Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot Bagi Pemula Agar Rajin Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot Bagi Pemula Agar Rajin Berbunga – Bunga krokot adalah genus tanaman hias bunga dari suku Portulacaceae. Nama lain bunga krokot diantaranya yaitu bunga portulaca, moss rose, atau bunga pukul sembilan. Disebut bunga pukul sembilan karena bunga krokot ini akan mekar pada pukul sembilan pagi dan saat menjelang siang akan berangsur layu. Bunga portulaca ini memiliki warna yang beragam seperti putih, pink, kuning, perpaduan warna dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Portulaca (Moss Rose)

Klasifikasi Ilmiah Bunga Krokot
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Portulacaceae
Genus: Portulaca

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bunga Krokot

Biibit bunga krokot dapa diperoleh biji benih maupun melalui stek batang. Ukuran jenis benih bunga krokot sangat kecil, jadi saat melakukan penyemaian sebaiknya berhati-hati. Semaikan benih krokot pada media tanam dengan cara ditabur tanpa ditutup kembali dengan media tanam. Lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer agar benih tidak terbawa air. Jaga kelembaban media tanam maka dalam beberapa hari benih krokot akan tumbuh.

Baca Juga : Cara Budidaya Bawang Kucai

Jika melakukan pembibitan melalui stek batang, maka tinggal potong batang bunga krokot lalu tanam langsung ke media tanam dan setelah beberapa hari maka bibit stek akan berakar.

Penanaman Bunga Krokot

Jika bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Bunga krokot dapat ditanam langsung di tanah atau di tanam di pot. Berikut cara menanam bung krokot:

  • Buatlah lubang tanam kurang lebih sekitar 2 cm.
  • Selanjutnya, tanam bibit bunga krokot ke dalam lubang tanam lalu timbun kembali.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Pukul Empat

Cara Merawat Bunga Krokot

Karena bunga krokot termasuk tanaman sekulen atau tanaman yang mengandung air pada bagian tubuhnya baik itu di daun, batang atau akarnya. Lakukan penyiraman seperlunya saja jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan tanaman membusuk.

Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kimia, pemupukan tersebut juga bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sdm pupuk dilarutkan dalam 1 liter air untuk 5 pot. Siramkan pupuk tersebut tapi jangan terlalu dekat dengan batang tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 1-2 minggu sekali.

Selain perawatan tersebut, agar tanaman krokot lebih rajin berbunga lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga bisa dilakukan untuk mereplant bunga krokot ini.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Pukul 8 (Delapan)

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga krokot bagi pemula agar rajin berbunga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.