Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) adalah salah satu jenis tanaman berbunga yang memiliki batang basah dengan tinggi mencapai 20-80 cm, daunnya berwarna hijau dan berbentuk hati dengan panjang sekitar 2-11 cm dan lebar 8 mm – 7 cm. Buahnya yang keras berwarna hitam dan berbentuk bulat bisa dibuat sebagai bedak. Bunga pukul empat ini memiliki bentuk seperti terompet dan mempunyai banyak warna seperti merah, putih, kombinasi dan lain-lain. Perbedaan warna bunga tersebut dilatar belakangi oleh gen. Tanaman bunga pukul empat atau four o’clock flower berasal daru Amerika Selatan.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Core Eudikotil
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Mirabilis
Spesies: M. jalapa

Disebut sebagai bunga pukul empat karena biasanya mekar saat pukul empat sore, hal tersebut dikarenakan adanya rangsangan cahaya (fotonasti). Selain sebagai tanaman hias, bunga ini berfungsi juga sebagai pembatas pagar.

Tanaman bunga pukul empat ini dapat dijumpai di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak mendapat sinar matahari.

Selain indah, bunga pukul empat ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Kandungan berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darah dan peluruh air seni (diuretik). Selain itu, bunga ini bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis, dapat mengatasi keputihan, tapi wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat

Persiapan Media Tanam Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat bisa ditanam langsung ditanah maupun menggunakan media pot/polybag. Syarat tumbuh bunga pukul empat yaitu:

  • Lokasi tanam terpapar sinar matahari secara langsung minimal 4 jam dalam sehari.
  • Media tanam yang digunakan memiliki kandungan hara yang cukup untuk pertumbuhan tanaman bunga pukul empat.
  • Tanah yang digunakan cukup gembur dan memiliki pH normal.
  • Memiliki kandungan air yang cukup.

Apabila menanam bunga pukul empat dalam pot atau polybag, maka sebaiknya media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dengan arang sekam agar lebih gembur.

Jika media tanam telah dipilih, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan diameter sekitar 20 cm dan kedalaman sekitar 20-30 cm. Kemudian, lakukan pemupukan dasae dengan menggunakan pupuk organik berupa kompos/pupuk kandang yang telah difermentasi menjadi bokashi padat. Setiap lubang diberi pupuk dasar minimal seperlima lubang, jika mau bisa ditambahkan pula pupuk NPK. Setelah pemupukan dasar, tutup kembali lubang tanam dan biarkan hingga pupuk terserap dengan sempurna.

Penanaman Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat dapat diperbanyak dengan cara generatif yaitu melalui bijinya. Biji tersebut bisa langsung ditanam pada media yang sudah disiapkan sebelumnya tanpa harus disemai terlebih dahulu.

Benih ini membutuhkan waktu agak lama untuk tumbuh. Jaga media tanam agar cukup basah, jangan terlalu basah karena bisa membuat biji membusuk dan gagal tumbuh. Setelah biji bunga pukul empat tumbuh, lakukan perawatan.

Perawatan Bunga Pukul Empat

Pada musim penghujan tak perlu melakukan penyiraman sedangkan di musim kemarau, tanaman lebih intens disiram sekitar 2 hari sekali. Pemupukan susulan tidak diperlukan jika dilihat pertumbuhan tanaman sudah cenderung subur, jika tidak maka bisa diberi pupuk organik cair.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa