Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Phlox Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Phlox Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Phlox adalah bunga liar musim panas berbau harum yang menjadi pelengkap pada kebun. Ada beberapa varietas bunga phlox seperti phlox merambat, phlox hutan dan phlox lumut, tumbuh rendah di atas tanah dan sering digunakan sebagai penutup tanah. Selain itu, seperti phlox taman dan phlox padang rumput, menghasilkan tanaman tinggi yang biasa tumbuh di kebun, batas kebun dan pinggiran.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Cosmos 

Bunga phlox termasuk dalam tanaman parennial, tanaman bunga ini membanyak digemari sebagai bunga liar yang ditanam di halaman rumah. Pada saat mekar, bunganya berbentuk bintang dan memiliki beragam warna. Tanaman bunga phlox bisa ditemui di hampir seluruh taman karena bunganya cocok dijadikan sebagai penghias tanah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Phlox Bagi Pemula

Jenis Bunga Phlox

Ada 3 (tiga) jenis tanaman bunga phlox yang perlu dikeratahui diantaranya yaitu:

  • Blue phlox dan Creeping phlox menyukai tanah yang lembap dan kaya akan humus. Tanaman bunga phlox jenis ini juga bisa tumbuh di cahaya teduh.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Zinnia

  • Sand phlox dan Chattahoochee menyukai tanah biasa yang berdrainase baik, berpasir, atau bertanah lempung. Tanaman bunga phlox jenis ini menyukai sinar matahari penuh.
  • Carolina phlox, Meadow phlox, dan Garden phlox menyukai tanah yang lembap dan berdrainase baik. Tanaman phlox jenis ini juga menyukai tanah yang subur dan bisa hidup di tempat teduh.

Cara Menanam Bunga Phlox di Tanah

Apabila bunga phlox akan ditanam di tanah, maka gemburkan terlebih dahulu sedalam 30-40 cm. Kemudian, campurkan dengan lapisan kompos sedalam 5-10 cm. Sebaiknya, pilih bibit bunga phlox dari bibit stek dibanding dengan bibit melalui biji karena bibit stek batang akan lebih cepat tumbuh. Saat menanam beri jarak sekitar 30-60 cm antara tanaman bunga phlox ini.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose)

Cara Menanam Bunga Phlox di Pot/Polybag

Jika ingin menanam bunga phlox dalam pot atau polybag caranya hampir sama dengan penanaman bunga phlox di tanah. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah gembur dan kompos, selain itu gunakan pot berukuran minimal 15 cm. Jika ingin memindahkan tanaman bunga phlox dari pot ke tanah, gali lubang dengan diameter dua kali diameter pot. Letakkan akar tanaman bunga Phlox, lalu tutupi langsung dengan tanah. Setelah selesai menanam, segera lakukan penyiraman secukupnya saja.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul 8

Cara Merawat Bunga Phlox

Lakukan penyiraman secara rutin secukupnya saja. Berikan jerami pada tanaman bunga untuk menjaga kelembaban tanahnya. Selain itu, lakukan pemangkasan pada bunga yang layu atau mati bisa mempercepat pemekaran bunga phlox baru.

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga phlox bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.