Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cosmos Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cosmos Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga cosmos merupakan salah satu jenis bunga yang tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Bunga cosmos ini berasal dari Meksiko. Daun bunga cosmos dijuluki sebagai The King Of Salad karena biasanya daunnya dikonsumsi dengan dicampur sald atau dibuat lalapan.

Bunga cosmos memiliki warna yang beragam dan cantik. Dalam bahasa yunani bunga cosmos diartikan sebagai lambang dari cinta yang mendalam.

Baca Juga : Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir

Cara Menanam Bunga Cosmos Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Persiapan Benih Bunga Cosmos

Bunga cosmos dapat diperbanyak melalui biji. Benih bunga cosmos ini dapat diperoleh dengan membelinya di toko offline atau melakukan pemesanan melalui situs online.

Pada saat membeli, pastikan benih telah tersertifikasi dan biji memiliki daya tumbuh diatas 90% dan daya kecambah diatas 95%.

Cara Menyemai Benih Bunga Cosmos

Berikut ini langkah-langkah menyemai biji bunga cosmos:

Keluarkan benih dari kemasannya lalu rendam benih menggunakan air. Rendam selama semalam, lalu buang jika ada biji yang mengambang. Biji ini tidak memiliki kualitas baik sehingga harus disingkirkan.

Selanjutnya, siapkan media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang. Campur rata dan gemburkan kedua media, lalu ayak dan ambil bagian halusnya saja. Setelah itu masukkan media tanam kedalam plastik polibag, yang terlebih dahulu bagian bawahnya telah diberi lubang. Isikan media hingga padat dan penuh sampai kepermukaan polibag.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Zinnia

Kemudian semai biji bunga cosmos dengan cara membuat lubang tanam kira kira 2 mm. Setelah itu, isikan biji kedalam media tanah, selanjutnya tutup kembali menggunakan media. Lakukan penyiraman secukupnya setelah penyemaian selesai lalu tempatkan bibit semai pada lokasi yang teduh dan dilengkapi dengan naungan.

Penanaman Bunga Cosmos

Setelah 5-7 hari, benih akan mulai berkecambah. Kemudian 1-2 minggu tanaman akan mulai tumbuh menjadi tanaman muda, pada saat ini tanaman rawan diserang jangkrik atau belalang. Sehingga harus menyemprotkan insektisida dengan dosis rendah. Setelah 4 minggu setelah tanam maka bibit bunga cosmos sudah bisa memindahkan tanaman ke lapangan atau pekarangan rumah. Berikut ini cara menanam bunga cosmos selengkapnya:

  • Pilih bibit bunga cosmos yang sehat, kuat, kokoh dan tidak terserang hama atau penyakit.
  • Sebelum bibit dipindah, buat lubang tanam sedalam 20x20x20 cm.
  • Kemudian masukkan pupuk kandang 2-3 kg ke dalam lubang tanam, dan diamkan selama satu minggu.

Baca Juga : Cara Menanam Kenikir di Pot Atau Polybag

  • Setelah itu, lakukan penanaman dengan merobek plastik polibag lalu tanam bibit bunga kosmos beserta tanam dalam polibag. Tutup lubang tanam menggunakan tanah galian hingga rata.
  • Jangan lupa, gemburkan tanah sekitar lokasi lubang tanam. Dianjurkan untuk melakukan transplanting pada pagi atau sore hari ketika cuaca sedang tidak terik.

Perawatan Tanaman Bunga Cosmos

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali. Penyiraman dapat disesuaikan dengan kondisi dan cuaca. Lakukan pemupukan pada saat tanaman berumur 6 minggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK.

Saat tanaman mulai bertambah tinggi sebaiknya memasang ajir untuk membantu tanaman tetap tumbuh tegak dan tidak roboh. Selain itu lakukan penyiangan secara rutin setiap 1-2 minggu sekali dan juga pemangkasan jika tanaman terlalu rimbun.

Setelah berumur 7-8 minggu setelah tanam, bunga cosmos akan mulai berbunga untuk pertama kalinya.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga French Marigold

Demikian pembahasan tentang cara menanam bunga cosmos bagi pemula agar cepat berbunga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya