Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Primrose Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Primrose Bagi Pemula – Bunga Primrose adalah spesies dari tanaman berbunga dalam keluarga Primulaceae. Tanaman bunga primrose ini berasal dari Eropa barat dan selatan (dari Kepulauan Faroe dan Norwegia selatan ke Portugal, dan timur ke Jerman, Ukraina , Krimea, dan Balkan), laut Afrika (Aljazair), dan daya Asia (Turki timur ke Iran).

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Crossandra

Primerose merupakan tanaman perennial yang tumbuh dengan tinggi 10-30 cm, berdaun roset basal yang berwarna hijau pada daerah habitatnya.

Kebanyakan bunga primrose adalah hibrida polyanthus, dengan berbagai macam variasi warna mulai dari putih, krem, kuning hingga ke orange, merah dan pink. Selain itu, ada juga primrose berwarna ungu dan biru. Bunganya actinomorfik dengan ovarium unggul yang kemudian membentuk kapsul pembukaan oleh katup untuk melepaskan biji hitam kecil.

Tanaman perennial ini sangat menyukai area yang basah seperti daerah pinggir huran. Pada kondisi yang sesuai, primrose bisa menutupi tanah di hutan terbuka dan pagar tanaman teduh. Primrose liar menjadi tanaman favorit bagi pekebun dan tersedia luas dalam bentuk anakan atau biji. Tanaman ini sangat cocok berkembang pada tanah lembab dengan drainase yang baik dan sedikit naungan. Primrose bisa diperbanyak dengan biji atau pembagian tunas.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Crossandra

Bunga dan daun primrose bisa dimakan, rasanya seperti selada dan salad yang sedikit pahit. Daunnya juga dapat digunakan sebagai teh dan bunga primrose muda dapat digunakan sebagai anggur.

Tanaman primrose cocok ditanam di taman, tanaman pembatas pagar atau pada wadah dan pot. Pada kondisi yang baik dan perawatan yang memadai maka tanaman ini akan berkembang pesat dan memberi warna yang mengagumkan untuk lanscape taman.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Primrose Bagi Pemula

Cara Menanam Primrose

Menanam tanaman primrose sangat mudah, karena tanaman ini kuat dan mudah beradaptasi. Bibit primrose bisa ditemukan pada banyak penjual tanaman dan nursery. Pilih tanaman yang sehat dan sebaiknya tanaman yang bunganya belum mekar. Banyak tanaman primrose dikembangkan dari cutting.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Freesia Refracta

Primrose juga bisa menanam primrose dari bijinya dengan media tanam berupa campuran antara tanah, pasir dan sekam/moss. Penanaman dapat dilakukan dalam ruangan atau diluar tergantung dari iklim. Ketika tanaman sudah tumbuh hingga daun ketiga maka tanaman bisa dipindahkan ke tempat permanennya.

Cara Memelihara Primrose

Sebaiknya, primrose ditanam pada daerah dengan sedikit naungan dengan tanah berdrainase baik. Tanaman ini sangat menyukai media organik. Tanam primrose dengan jarak 15-30 cm dan kedalaman 5-10 cm. Setelah ditanam segera lakukan penyiraman. Berilah mulsa untuk menjaganya tetap lembab. Siram juga tanaman sebelum tanah mengering dan lebih sering pada musim kemarau.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Gloxinia

Tanaman primrose senang dengan tingkat pemupukan ringan pada saat musim tumbuhnya terjadi. Buatlah tanaman tetap tampak baik dengan melakukan pemangkasan teratur pada daun yang mati atau bunga yang mengering. Jika ingin mengumpulkan biji tanaman ini maka tunggu hingga bunga benar-benar kering. Simpanlah biji pada tempat kering dan dingin.

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga primrose si legenda bunga 12 dewa bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.