Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Crossandra Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Crossandra Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Bunga Crossandra adalah tanaman merambat yang juga dikenal dengan nama Firecracker flower serta termasuk kedalam famili acantaceae. Dengan warna kuning cerah pada bunganya yang berbentuk corong, dan tumbuh banyak disekitar tajuknya yang berwarna hijau.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Gloxinia

Tanaman bunga crossandra ini berasal dari Afrika Timur dan Mozambik. Agar tumbuh subur, maka menanam bunga crossandra memerlukan tanah yang gembur dan lembab, serta cukup terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat merangsang pertumbuhan bunga, sehingga semakin banyak terkena maka bunganya juga akan tumbuh lebih banyak. Crossandra bisa memiliki pertumbuhan hingga mencapai 1 meter.

Untuk memperpanjang masa berbunga bisa dilakukan dengan membuang bagian tanaman yang sudah berbunga atau habis masa berbunganya. Selain itu, media tanamnya juga harus sering diganti. Selain itu juga harus rajin memberi pupuk kandang secara berkala agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

Bunga Crossandra muncul empat sisi yang tumbuh dari bagian atas pertumbuhan baru. Dalam pertumbuhan empat sisi ini ada banyak tunas, yang dimana setiap sisi menghasilkan bunga kuning oranye. Saat beberapa bunga mekar, bentuknya mirip dengan bentuk sebuah kuil pagoda.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Freesia Refracta

Warna mekar ini sulit untuk dijelaskan karena merupakan kombinasi yang tidak biasa dari merah muda, oranye dan kuning yang menyatu dengan warna pastel yang jarang terlihat pada bunga. Bunga-bunga berukuran 3 cm dengan diameter dan duduk tegak dalam kelompok-kelompok. Dari bulan April hingga Oktober, Crossandra terus-menerus mekar dengan bunga-bunga indahnya.

Cara Menanam Bunga Crossandra Bagi Pemula

Penanaman Bunga Crossandra

Jika ingin menanam bunga crossandra dari stek, ambil dari batang atau cabang batang pohon induk yang baik. Pemotongan batang tersebut sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari. Gunting stek yang digunakan saat menyetek harus tajam agar bekas potongan pada batang rapi. Jika kurang tajam batang akan rusak atau memar. Hal ini mengundang bibit penyakit masuk ke bagian yang memar pada batang, sehingga bisa menyebabkan pembusukkan pangkal stek pada batang. Pada saat mengambil stek atau menyetek pada batang, pohon induk harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang bertunas.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Erva

Cahaya dan Suhu Yang Baik Untuk Bunga Crossandra

Bunga crossandra menyukai panas dan kelembaban tinggi (lebih banyak kondisi tropis). Saat bunga mekar, suhu yang berkisar antara 20-25 derajat celcius sangat dianjurkan. Ingat bahwa bunga crossandra merupakan tanaman asli India dan Hindia Timur, dan suka panas. Jika diberi suhu yang tepat, tanaman crossandra akan tumbuh dengan warna yang baik dan lebih intens.

Penyiraman dan Pemupukan Bunga Crossandra

Jaga agar tanah sedikit lembab dengan air di musim panas dan kurangi air selama musim dingin. Air dingin dapat menyebabkan tanaman Crossandra mati. Lakukan pemupukan dengan pupuk cair untuk tanaman hias setiap dua minggu dari bulan April-Agustus dan kabut ringan saat memiliki tantangan dengan kelembaban.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Tulip

Jaga agar tanah dalam pot tetap lembab tetapi jangan becek. Crossandra mekar berbulan-bulan. Kurangi penyiraman ketika bunga hanya memiliki sedikit kuntum yang tersisa. Jaga tanah agak kering sampai polong biji berubah warna menjadi cokelat dan segera ambil yang sudah matang. Jangan sekali-kali membiarkan dedaunan layu karena kurang kelembaban selama periode setengah istirahat ini.

Demikian artikel pembahasan tentang cara menanam bunga crossandra agar cepat berbunga bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.