Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Aquatik Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Aquatik Bagi Pemula – Anubias sp merupakan tanaman yang berasal dari keluarga talas-talasan atau Araceae. Keluarga talas-talasan bisa berkembangbiak secara generatif maupun secara vegetatif. Perkembangbiakan generatif sangat jarang dilakukan karena sulit berbunga.

Tanaman Anubias banyak digunakan sebagai tanaman hias yang berasal dari berbagai nergara salah satunya adalah Indonesia. Tanaman ini memiliki daya tarik karena daun mengkilap dan ukuran yang kecil. Perkembangbiakan Anubias dinilai gampang-gampang susah. Banyak petani yang menyarankan untuk tidak membudidayakan Anubias bagi para pemula. Tanaman anubias dapat tumbuh dengan tinggi 5-15 cm. Ada banyak jenis anubias diantaranya Anubias Barteri Coffeefolia, Anubias Barteri Var. Barteri, Anubias Nana Petite dan lain sebagainya.

Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Aquatik

Pada aquatik, tanaman akan dimasukan ke dalam air yang ada di aquarium atau tank air. Anubias sebaiknya ditanam pada lingkungan dengan cahaya yang memiliki intensitas sedang sehingga penempatan aquarium harus pada tempat.

Persiapan Alat dan Bahan Aquatik Anubias

Alat yang akan dibutuhkan yaitu berupa gunting, pisau, aquarium atau tank, dan benang jahit. Ukuran aquarium yang digunakan sesuai kebutuhan Media tanam yang biasanya digunakan untuk menanam anubias di air adalah batu atau kayu.

Persiapan Bibit Anubias

Potonglah anubias pada bagian rhizome dengan hati-hati. Rhizome dapat dibagi menjadi 3-4 bagian tergantung pada ukuran tanaman.

Penanaman Tanaman Anubias

Saat melakukan penanaman harus disiapkan air dan media yang akan digunakan tanaman ini. Ph air yang dibutuhkan yaitu sekitar 5-8, suhu air yang ideal untuk penanaman yaitu 22-30°C.

Tanaman yang telah dibagi dilekatkan pada media kayu dan batu. Pelekatan tersebut dilakukan menggunakan benang jahit atau bisa juga lem tanaman. Tanaman anubias selanjutnya dapat di simpan pada aquarium atau tank sesuai keinginan.

Perawatan Tanaman Anubias

Tanaman anubias yang ada dalam air harus selalu diperhatikan dengan menempatkannya pada lingkungan yang teduh atau tidak terkena cahaya secara langsung. Lakukan perawatan dan pengawasan ini setiap hari

Lakukan pemupukan, pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk cair. Jika ingin mempercepat pertumbuhan daun bisa menggunakan pupuk slow release yang mengandung zat besi tinggi. Umumnya, anubias tumbuh daun 2-3 minggu sekali. Apabila menggunakan pupuk tersebut, tanaman anubias bisa tumbuh daun pada 1-2 minggu. Pertambahan daun yang cepat akan mendukung percepatan pembagian tanaman untuk menjadi bibit.

Pemanenan Tanaman Anubias

Panen bibit anubias dapat dilakukan saat tunas mulai bermunculan dan membesar. Saat muncul tunas sekitar sebulan. Bibit Anubias yang ditanam pada air rentan mengalami pembusukan sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Demikian artikel pembahasan tentang” Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Aquatik Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa