Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses – Entok atau Mentok (Cairina moschata) adalah salah satu jenis unggas yang masuk dalam famili Anatidae. Entok atau mentok ini memiliki ukuran sedang hingga agak besar, memiliki dominasi warna bulu hitam dan putih, memiliki tonjolan kulit dengan warna merah dan hitam dibagian sekitar wajah dan mata, memiliki kaki pendek berselaput renang yang gemuk berwarna abu kehitaman, memiliki ekor yang memipih datar dan agak lebar. Entok atau mentok liar, jantan memiliki ukuran panjang sekitar 86 cm dengan bobot hingga 3 kg dan betina memiliki panjang 64 cm dengan bobot 1,3 kg Sedangkan untuk entok atau mentok peliharaan memiliki ukuran yang lebih besar dengan bobot hingga 7 kg untuk jantan dan sekitar 5 kg untuk betina. Entok mampu terbang namun tak pernah jauh, saat berjalan entok akan perlahan dan ekornya akan digoyangkan ke kanan ke kiri untuk mengimbangi tubuhnya. Nama lain entok yaitu itik serati, itik surati, itik manila, basur dan dalam bahasa inggris disebut Barbary duck atau Muscovy duck.

Klasifikasi Ilmiah Entok
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Genus: Cairina
Spesies: C. moschata

Cara Budidaya Ternak Entok

Persiapan Kandang Ternak Entok

Cari lokasi yang akan dijadikan kandang entok yang dekat dengan air atau kubangan. Buatlah kandang yang dilengkapi dengan tempat makan dengan ketinggian kandang yang cukup tinggi dan dibuat dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian kandang tersebut bertujuanagar bebek tidak terbang dan lari dari kandang. Kemudian, kandang yang terbaik untuk anak entok yaitu jenis kandang battery. Selain tempat makan, sediakan juga tempat mengeram di dalam kandang.

Pemilihan Indukan Entok

Pilih indukan entok yang berkualitas agar telur atau daging yang dihasilkan bagus serta bisa cepat. Jika ingin melakukan budidaya entok secara modern sebaiknya beli indukan daripada anakan atau biasa dikenal DOE, apabila memiliki indukan 20 dan semuanya rata-rata bertelur 10 maka anda dalam waktu 40 haru sudah mempunya 200 DOE.

Pemberian Pakan Entok

Pakan yang dapat diberikan pada entok dapat berupa dedak, bekatul, sayuran, jagung, dan lain sebagainya.

Dalam kandang battery, tempatkan meri (anakan entok) bersama induknya selama 1-2 hari. Tujuannya agar anakan bisa menyesuaikan diri dengan cara memakan pakan yang disiapkan. Indukan akan secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa lengkapi kandang battery dengan lampu 5-10 watt. Kemudian dalam kandang diberi wadah minum karena mereka senang dengan nyosor atau makan.

Perawatan Entok

Pada usia 1-2 minggu diberi pakan berupa konsentrat starter dan minuman berupa air bersih yang bisa dicampur dengan vitamin. Pada minggu selanjutnya, campurkan konsentrat starter dengan pakan induk.

Pada usia 1 bulan anakan entok sudah bisa dilepas bermain di pekarangan dan kolam budidaya entok. Pada usia ini meski entok telah lebih kuat namun udara dingin bisa membuat perut mereka kembung dan pencernaannya terganggu. Untuk itu, pastikan perut mereka telah terisi sebelum malam hari dan jika angin bertiup kencang dan pada malam hari suhu udara menjadi lebih dingin tutup dinding kandang dengan terpal untuk menjaga kehangatan di dalam kandang.

Indukan entok akan bertelur kembali setelah 1 bulan dipisahkan dari anaknya (disapih). Setelah berumur 2,5 bulan entok telah mencapai bobot 2,5 kilogram. Saat itu, tubuh entok telah ditumbuhi oleh bulu berwarna putih, bulu ekor telah memanjang, dan bulu-bulu di bagian sayap mulai tumbuh. Pada periode ini entok semakin lahap menyantap pakan.

Entok sendiri dapat bertelur setelah masa pengeraman 35 hari dan 2-3 minggu. Agar nafsu makan entok stabil, disarankan untuk menyediakan pakan tanpa air.

Pembudidaya entok sudah bisa memanen entok beberapa minggu lagi. apabila entok disiapkan sebagai indukan maka masa pemeliharaan masih akan terus berlangsung hingga usia 6 bulan.

Vaksinasi Entok

Meski kebal terhadap penyakit, tapi bukan berarti entok tidak bisa terserang penyakit sama sekali. Untuk itu, perlu juga dilakukan vaksinasi karena satu-satunya virus yang mudah terjangkit yaitu virus flu dan pilek, vaksin Vitachicks bisa menjadi pilihan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa