Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula – Kupang (Mytilus edulis) adalah hewan laut semacam kerang kecil. Kerang kupang ini juga disebut juga kerang putih atau Corbula Faba. Kerang kupang ini hidup di lumpur air asin.

Klasifikasi Ilmiah Kerang Kupang
Kingdom: Animalia
Filum: Moluska
Kelas: Bivalvia
Subkelas: Heterodonta
Ordo: Mytiloida
Famili: Mytilidae
Subfamili: Mytilinae
Genus: Mytilus
Spesies: Mytilus edulis

Kandungan gizi yang terkandung di kerang kupang diantaranya seperti lemak, air, protein, karbohidrat hingga abu. Nilai gizi dalam kerang hijau mirip dengan kandungan pada daging sapi, ayam juga telur ayam.

Kerang kupang ini banyak ditemukan pada kedalaman laut 1-7 meter. Persebaran kerang kupang cukup merata di seluruh pantai di Indonesia, terutama di pantai Kupang. Kerang kupang akan berkembang biak dengan sangat pesat di bulan Maret-Juli.

Cara Budidaya Kerang Kupang Bagi Pemula

Reproduksi Kerang Kupang

Kerang kupang termasuk hewan ovipora yang memiliki sel sperma dan sel telur yang banyak juga mikroskopik. Cara perkembangbiakan kerang kupang dilakukan melalui pembuahan diluar, hal tersebut karena kerang mengeluarkan sel sperma dan sel telur di air sehingga dibiarkan tercampur.

Percampuran tersebut nantinya akan menghasilkan pembuahan. Hanya dalam waktu 24 jam, telur akan menetas dan berubah menjadi larva. Larva akan tumbuh menjadi spat hingga umur 15-20 hari. Selanjutnya mereka akan berkembang menjadi kerang kupang dewasa pada usia 5-6 bulan.

Persiapan Lokasi Budidaya Kerang Kupang

Lokasi yang akan dijadikan tempat budidaya kerang kupang harus lumayan terlindung dari arus yang kencang, tidak memiliki kadar garam tinggi dan wajib memiliki dasar perairan yang berlumpur serta berpasir. Selain itu pastikan juga, lokasi budidaya tidak terkontaminasi limbah beracun. Pastikan memilih lokasi memiliki air yang baik.dengan suhu berkisar diantara 27-37°C serta memiliki pH 6-8.

Mengumpulkan Spat/Benih Kerang Kupang

Benih biasanya dikumpulkan dari alam, tapi hingga saat ini belum ada orang yang memproduksi benih kerang kupang dari hatchery karena biaya produksi yang mahal. Keberhasilan dalam pengumpulan benih sangat bergantung pada musim, lokasi, jenis kolektor hingga teknik pemasangan kolektor.

Pada saat mengumpulkan spat kerang kupang bisa memasukkannya menggunakan tali kolektor. Tali kolektor tersebut bisa dibuat menggunakan pintalan ijuk, serabut kelapa, dan juga polyethylene.

Caranya hanyap perlu memasukan tali kolektor di perairan yang miliki banyak benih kerang kupang. Selanjutnya benih akan berpindah dan menempel di tali kolektor. Setelah itu, tali kolektor yang telah berisi benih kerang kupang dapat dipindahkan ke kolam pembudidayaan.

Cara Budidaya Kerang Kupang

Budidaya kerang kupang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya yaitu metode tancap, rawai, rakit tancap, serta rakit apung. Metode yang paling sering digunakan yaitu metode rakit tancap, yakni menggabungkan 2 metode yaitu metode tancap dan rakit tancap. Caranya dengan menancapkan bambu hingga kedasar perairan.

Pastikan lokasi rakit telah dihitung berdasarkan tinggi rendah air pada saat pasang surut. Karena hal tersebur sangat penting agar rakit tidak akan mengalami kekeringan. Kemudian bisa diletakkan tali kolektor pada rakit tancap. Jarak yang direkomendasikan untuk masing-masing tali kurang lebih 1 meter. Biasanya dalam kurum waktu 6 bulan, bisa menghasilkan 20-25 kg setiap tali.

Masa Panen Kerang Kupang

Pemanenan kerang kupang dapat dilakukan setelah berumur 5-6 bulan pada masa pemeliharaan. Kerang yang siap dipanen yaitu kerang yang telah mencapai ukuran konsumsi sekitar 6-8 cm, memiliki daging tebal dan berwarna krem. Agar kerang kupang yang dipanen berkualitas maka pemanenan harus dilakukan di saat kerang kupang di fase istirahat. Pengikisan ataupun perontokan kerang pada saat dilepaskan dari pancang bambu atau dilepaskan dari tali menggunakan benda tajam agar memperkecil luka benang byssusnya yang membuat kerang memiliki daya tahan hidup jauh lebih lama.

Demikian artikel  tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa