Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses – Kutu air adalah kelompok zooplankton yang merupakan pakan alami bagi hewan-hewan air. Biasanya kutu air ini banyak digunakan untuk pakan benih ikan dan juga pakan jenis ikan hias seperti ikan cupang atau guppy. Kandungan protein kutu air dapat mencapai 66% dan lemak sekitar 6%, sehingga kutu air sangat cocok diberikan untuk pakan benih ikan yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Ada 2 jenis kutu air yang paling mudah dibudidayakan dan ketersediaan bibitnya banyak yaitu daphnia dan moina. Keduanya merupakan jenis udang renik yang masuk dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea dan ordo caldocera.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu

Pemilihan Jenis Kutu Air Yang Akan Dibudidayakan

Umumnya, ada dua jenis kutu air yang relatif mudah dibudidayakan yaitu jenis Daphnia dan moina. Jenis tersebut relatif sangat mudah dibudidayakan serta bibitnya juga mudah ditemukan. Keduanya masih ke dalam jenis dan famili udang renik Anthropoda.

Persiapan Tempat Budidaya Kutu Air

Siapkan wadah bekas, seperti baskom atau ember atau juga bak. Setelah itu, isi wadah tersebut dengan air hingga tersisa 3/4 bagian wadah.

Jika sudah, letakkan wadah tersebut pada tempat terbuka atau di tempat yang ternaungi. Apabila meletakkannya diluar rumah maka kalian wajib waspada saat hujan tiba karena air di dalam wadah bisa meluap dan menghanyutkan kutu air yang dibudidayakan. Setelah wadah siap, maka kalian dapat memasukkan benih kutu air.

Pemberian Tambahan Media Susu

Susu yang dapat digunakan sebagai media budidaya kutu air adalah susu bubuk. Sesuaikan pemberian susu bubuk dengan media kutu air. Pertama, larutan 10 sendok makan susu bubuk ke dalam 1 liter air lalu aduk hingga merata.

Sebagai bahan perbandingan, kalian dapat memberikan 4 sendok makan susu ke dalam 2 liter media. Artinya, jika kalian menggunakan bak berkapasitas 10 liter maka kalian bisa memberikan 20 sendok makan susu ke media budidaya. Cukup berikan ke permukaan media air tanpa diaduk.

Perlu diketahui, penggunaan susu ini jangan terlalu banyak karena dapat membahayakan kutu air hingga kutu air tidak dapat bereproduksi optimal. Selain itu, jika terlalu banyak susu juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan tentunya akan mengganggu.

Pemanenan Kutu Air

Setelah satu bulan, maka kalian akan melihat perubahan berupa pertambahan populasi di dalam wadah media. Untuk mengatasi kepadatan yang berlebihan maka kalian bisa memindahkannya ke tempat atau wadah yang baru.

Demikian artikel pembahasan tentang” Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa