Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen – Labu merah adalah salah satu jenis labu dari genus Cucurbita moschata ini, memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi mampu meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk itu, labu merah bagus sekali untuk penderita diabetes. Khasiat labu merah juga mampu memperbaiki fungsi pankreas.

Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula

Persiapan Lahan Tanam Labu Merah

Lahan yang akan digunakan untuk menanam labu merah dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Setelah itu, gemburkan tanah dengan cara dicangkul sebanyak 2-3 kali. Jika pH tanah terlalu asam maka lakukan pengapuran dengan menggunakan dolmit hingga pH menjadi 6-8.

Selanjutnya, lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang. Setelah itu, buatlah bedengan setinggi 40-50 cm lalu buatlah lubang tanam sedalam 5-7 cm dengan jarak 50 cm hingga 1 m.

Persiapan Bibit Labu Merah

Benih labu merah dapat diperoleh dengan membelinya di toko pertanian atau bisa juga mendapatkannya dari buah labu merah yang sudah tua, binya dikeluarkan lalu dijemur hingga kering selama sekitar 1-2 hari. Jika sudah kering, pilih biji yang utuh lalu rendam dalam air selama 2 menit.

Kemudian, semaikan benih pada media berupa tray budidaya ataupun polybag yang diisi dengan tanah dan pupuk dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, taburkan benih di atas media pembibitan dan tutup permukaan menggunakan tanah biasa.

Letakkan media pada ruangan dengan pencahayaan tidak langsung agar benih bisa tumbuh cepat. Lakukan penyiraman secara teratur menggunakan spray apabila tanah mulai mengering.

Penanaman Labu Merah

Setelah bibit memiliki ketinggian 5 cm- 7 cm, maka bibit labu merah dapat dipindahkan pada lahan tanam. Pertama, pisahkan bibit labu dengan media pembibitan dengan cara menggoyangkan tanaman secara perlahan agar akarnya terlepas. Tanam bibit dalam lubang tanam yang telah anda buat. Dalam satu lubang hanya boleh diisi dengan satu tanaman saja.

Setelah selesai, tutup kembali lubang tanam dan sedikit padatkan tanah di sekitarnya agar tanaman dapat berdiri kokoh.

Cara Merawat Labu Merah

Untuk penyiraman, tidak perlu khawatir karena tidak perlu menyiram lahan tanam setiap hari. Penyiraman dapat dilakukan jika dibutuhkan, artian jika lahan benar- benar kering.

Lakukan pemupukan setiap minggu sekali menggunakan pupuk kandang ataupun kompos. Lakukan pula penyiangan dan pembersihan lahan juga harus dilakukan setiap hari agar lahan bersih dan tanaman tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, lakukan pemangkasan dan pembuangan daun tua pada tumbuhan agar buah dapat tumbuh dengan baik.

Masa Panen Labu Merah

Labu dapat dipanen dengan cara memotong tangkainya menggunakan pisau maupun gunting. Pemanenan labu sudah dapat dilakukan setelah labu memasuki bulan ke 3-6 dengan ciri kulit buah mengkilap dan halus.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa