Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses – Eucheuma cottonii atau rumput laut merah merupakan jenis rumput laut yang dapat kita jumpai dengan mudah di pesisir pantai terumbu. Habitat rumput laut ini yaitu daerah yang memiliki aliran laut yang tetap dengan suhu harian kecil dan batu karang mati.

Rumput laut Eucheuma cottonii sering dimanfaatkan sebagai penghasil ekstrak keragian. Kadar keragian pada tiap spesies Echeuma cottonii berkisar 54-73 % atau bergantung pada jenis dan lokasi tumbuhnya.

Teknik Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Pemilihan Lokasi Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Syarat lokasi budidaya rumput laut Eucheuma cottonii, diantaranya yaitu:

  • Substratnya stabil dan terlindung dari hantaman ombak. Umumnya daerah yang paling ideal untuk budidaya yaitu daerah yang dekat dengan terumbu karang.
  • Kedalaman air pada saat surut terendah sekitar 1-30 cm.
  • Perairan dilalui arus tetap dari laut lepas di sepanjang pantai.
  • Kecepatan rat-rata arus airnya 20-40 m/menit.
  • Air jernih dan tidak mengandung lumpur. Utamakan jauh dari muara sungai.
    Suhu air berkisar antara 27-28°C, salinitas antara 30-37 ppt, dan pH antara 6,5-8,5.

Metode Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Terdapat 3 metode budidaya rumput laut eucheuma cottonii ini, diantaranya yaitu:

Metode Lepas Dasar
Metode ini digunakan pada dasar perairan berpasir atau berlumpur pasir. Tujuannya untuk memudahkan menancapkan patok atau tiang pancang. Patok yang digunakan baiknya berukuran diameter 5 cm dan panjang 1 m dengan ujung bawah yang meruncing.

Metode Rakit Apung
Metode rakit apung bisa diterapkan pada perairan yang berkarang, karena pergerakannya akan didorong ombak. Untuk itu, penanaman rumput laut Eucheuma cottoni menggunakan rakit bambu atau kayu.

Metode Long Line
Metode ini memanfaatkan tali sepanjang 50-100 m yang dibentangkan pada permukaan air. Kedua sisinya dilengkapi dengan jangkar dan juga pelampung besar. Jarak pelampung yang disarankan yaitu setiap 25 cm, dan usahakan menggunakan pelampung dari drum plastik.

Penanaman Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Pilih bibit rumput laut eucheuma cottonii yang berkualitas. Ciri bibit rumput laut eucheuma cottonii yang berkualitas yaitu memiliki banyak cabang dan rimbun, tidak terdapat bercak pada batangnya, tidak terkelupas, warnanya cerah serta berumur sekitar 25-35 hari.

Sebaiknya dikumpulkan secara langsung dari lokasi perairan dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada saat proses pengangkutan dari habitat aslinya, bibit rumput laut Eucheuma cottoni harus dalam keadaan terendam di dalam air dengan menggunakan kotak streofom atau karton berlapis plastik.

Susun bibit-bibit tersebut secara berlapis dan berselang antara pangkal tallus dan ujung tallus. Antara lapisan satu dengan yang lain diberi lapisan kain yang telah dibasahi dengan air laut. Hindarkan bibit dari hujan, kekeringan ataupun terkena minyak. Berikut ini proses penanaman rumput laut eucheuma cottonii:

  • Siapkan tali ris polyethylen (PE) untuk menggantung bibit rumput laut Eucheuma cottoni, ikat bibit tersebut pada tali penggantung.
  • Rentangkan tali ris yang telah berisi ikatan rumput laut. Pada tali utama, posisikan tanaman sekitar 30 cm di dasar perairan. Tali ris akan direntangkan pada patok dengan ukuran yang telah kami sampaikan di atas. Jarak ideal untuk setiap tali ris yang direntangkan yaitu berkisar 20-25 cm.

Perawatan dan Pemeliharaan Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Agar budidaya rumput laut Eucheuma cottonii kita berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan panen melimpah, ada beberapa langkah perawatan yang wajib dilakukan.

Bersihkan talus dari tumbuhan liar dan lumpur yang menempel sehingga tidak menghalangi tanaman dari sinar matahari yang masuk. Bersihkan juga tali penggantung dari sampah atau pun tumbuhan liar lainnya.

Periksa keutuhan tali gantungan. Jika ada yang putus atau agak kendor segera perbaiki. Jika perlu, ganti dengan yang baru. Periksa juga tanaman dari gangguan berbagai hama dan penyakit.

Proses Panen Rumput Laut Eucheuma Cottonii

Waktu pemanenan rumput laut eucheuma cottonii tergantung dari tujuan budidaya eucheuma cottonii yang dilakukan. Jika tujuannya untuk pembibitan, maka pemanenan bisa dilakukan pada umur 25-35 hari.

Sementara untuk produksi berkualitas tinggi, dengan kandungan keragiannya yang banyak, panen baru bisa dilakukan pada saat umur 45 hari. Pemanenan rumput laut bisa dilakukan dengan cara mengangkat seluruh tanaman beserta tali penggantungnya.

Pelepasan tanaman dari tali penggantungnya langsung saja dilakukan dengan cara pemotongan. Rumput laut yang sudah selesai dipanen langsung dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Gantungkan rumput laut tersebut pada para-para agar tidak tercampur dengan pasir.

Sembari dijemur, lakukan pembersihan rumput laut dari benda-benda asing seperti batu atau sampah lainnya. Jika kondisi cuaca cerah, penjemuran cukup dilakukan selama 3-4 hari atau hingga terlihat warna ungu keputihan dilapisi kristal garam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa