Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Ayam Batik Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Ayam Batik Bagi Pemula Agar Sukses – Ayam batik atau ayam sebright merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari  Inggris. Ayam ini pertama kali diperkenalkan oleh Sir John Sebright. Ciri khas ayam batik  yaitu terletak pada corak warna pada bulunya yang sangat indah. Bulu aam batik ini  kombinasi warna coklat keemasan menyerupai batik. Tubuh ayam ini terbilang mungil dan tidak terlalu jauh dari jenis ayam kate.

Cara Budidaya Ternak Ayam Batik

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Batik

Untuk membedakan ayam batik jantan dan betina bisa dilihat dari pial atau jenggernya dan dari postur tubuhnya yang lebih bear terutama bagi pejantan.

Produksi Telur Ayam Batik

Ayam batik ini akan mulai bereproduksi pada umur 6 bulan keatas, Namun pada umumnya ayam mulai bereproduksi pada umur 8 bulan. Pada awal bertelur, telur biasanya belum bisa ditetaskan dan setelah periode berikutnya barulah bisa ditetaskan.

Agar presentase pembuahan cukup bear maka lakukan sistem kawin bergilir yaitu setiao 2-3 hari sekali, ayam jantan bisa digilir dalam satu kandang kemudian dipindahkan ke kandang yang lain.

Ayam batik dapat menghasilkan 8-15 butir telur dalam sekali periode bertelur. Dalam setahun, ayam batik dapat bertelur sebanyak 6-7 kali.

Makanan Ayam Batik

Makanan yang dapat diberikan pada ayam batik untuk pakan diantaranya jagung filing, tepung ikan, ampas kedelai dan juga bekatul. Kualita pakan yang baik juga akan menghasilkan telur yang berkualita. Pakan tersebut dapat dibuat sendiri maupun dibeli di toko.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Ayam Batik Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa