Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses – Gelatik belong atau gelatik jawa (Padda Oryzivora) adalah salah satu jenis burung gelatik yang memiliki banyak penggemar dan tak heran jika banyak yang ingin melakukan budidaya ternak burung gelatik belong ini.

Burung gelatik belong merupakan salah satu jenis burung pengicau yang memiliki ukuran kecil dan berasal dari keluarga finch atau pipit atau emprit yang berhabitat asli di pulau Jawa dan Bali.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara ternak burung gelatik belong, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Gelatik Belong

Kandang yang perlu disiapkan untuk melakukan ternak burung gelatik belong ini harus berukuran cukup besar dan berada diluar ruangan. Kandang bisa dibuat menggunakan besi kasa kecil dan pastikan ada sinar yang masuk ke dalam kandang untuk burung berjemur.

Setelah kandang jadi, siapkan sarang dalam kandang. Sarang tersebut bisa dibentuk dengan media kayu atau biasa disebut dengan glodok sebagai tempat bertelur dan mengerami telur burung hingga menetas. Dalam glodok tersebut diletakkan jerami lalu gantung sarang tersebut.

Pemilihan Induk Gelatik Belong

Pilihlah indukan burung gelatik belong yang berkualitas. Pastikan burung gelatik belong betina berusia setidaknya 1 tahun dan tidak dalam kondisi mabung. Pastikan indukan yang digunakan baik jantan maupun betina sudah memiliki tanda kawin seperti sering berkicau dan terlihat lebih aktif juga menunjukan ketertarikan dengan pasangannya.

Perkawinan dan Proses Bertelur Gelatik Belong

Setelah indukan siap, satukan kedua indukan dalam satu kandang. Saat indukan betina sudah berhasil dikawini dan siap bertelur maka indukan jantan tidak perlu dipisahkan dari kandang karena kedua indukan tersebut akan mengerami telur hingga menetas dan merawatnya sampai bisa hidup sendiri.

Makanan Gelatik Belong

Pakan yang dapat diberikan pada burung gelatik belong bisa berupa pakan alami dalam kondisi segar juga bervariasi, selain pakan dan minum berikan pula vitamin pada burung.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa