Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya Paling Ampuh

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya – Pepaya merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman buah. Selain buahnya, daun dan bunga tanaman pepaya juga dapat dijadikan sayur. Meskipun tidak memerlukan perawatan yang rumit, tanaman pepaya juga kerap terserang hama dan penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan. Salah satu hama yang sering menyerang adalah hama kutu putih. Hama ini menyebabkan perkembangan tanaman pepaya menjadi terhambat karena bagian tanaman dijadikan sarang atau dimakan oleh hama tersebut, dan serangan terburuknya membuat tanaman layu dan mati.

Selain itu, serangan paling buruk dari hama kutu putih jika menyerang pada bagian buah pepaya. Karena, hama ini menyebabkan buah pepaya mengalami kehitaman dan buah mengalami pembusukkan. Untuk itu kita perlu membasmi serangan hama kutu putih pada tanaman pepaya agar buah pepaya yang dihasilkan berkualitas.

Baca Juga : Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pepaya

Sebenarnya ada banyak jenis insektisida dipasaran yang bisa digunakan untuk membasmi kutu putih, namun perlu diperhatikan bahwa kutu putih memiliki lapisan lilin yang melindungi tubuhnya dari serangan (termasuk insektisida) dari luar.

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya 

Kutu putih adalah serangga asli dari Amerika Tengah (Belize, Guatemala, dan Costa Rica) dan pertama kali dilaporkan berada di Bogor pada tahun 2008. Kutu putih biasanya menyerang pada daun tua yang menyebabkan perubahan warna menjadi kuning, mengering, dan sobek. Daun yang masih muda menjadi keriting, sedangkan bunga dan buah yang muda jatuh. Kutu putih juga menghasilkan lapisan lilin dan honey dew. Lapisan lilin yang terdapat pada sekitar serangga ini dapat mengurangi keefektifan pestisida yang diaplikasikan, sedangkan honey dew yang dihasilkan membuat kutu putih dapat bersimbiosis mutualisme dengan semut sehingga mengurangi serangan musuh alami kepada kutu putih serta dapat meyebabkan embun jelaga pada bagian tubuh tanaman.

Selain tanaman pepaya, hama kutu putih juga kerap menyerang beberapa tanaman dari famili Fabaceae (polong-polongan), Solanaceae (terung-terungan), Euphorbiaceae, Araceae (talas-talasan), Cucurbitae (labu-labuan), Malvaceae (kapas-kapasan), Convolvulaceae (kangkung-kangkungan), Myrtaceae (jambu-jambuan), Moraceae, Rubiaceae, dan Apocynaceae.

Cara membasmi kutu putih dapat dilakukan dengan melakukan monitoring secara rutin untuk melihat keberadaan hama ini di lahan dan membuang serta membakar daun yang telah terserang.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan detergen ke daun atau buah yang terserang kutu putih. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuhnya. Sebaiknya semprotkan dipagi hari karena kutu putih tidak tahan oleh panas matahari tanpa lapisan lilin tersebut. Dengan cara ini diharapkan lapisan lilin akan luntur dan dengan sendirinya kutu putih akan mati.

Cara lain mengatasi kutu putih yaitu dengan campuran insektisida yang di campur dengan larutan detergen lalu di.semprotkan ke bagian pohon yang terserang kutu putih Atau juga bisa juga semprot dengan larutan detergen dulu, kemudian ulangi dengan penyemprotan insektisida.

Baca Juga : Cara Budidaya Pepaya Yang Baik Dan Benar

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca