Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Memilih Bibit Durian Unggul – Buah durian memiliki sekmentasi pasar yang besar di Indonesia. Karena itu, terdapat peluang yang besar bagi anda yang memiliki lahan kosong untuk berkebun buah durian. Untuk satu pohon durian remaja hanya butuh waktu 3 tahun sudah mampu berbuah dengan jumlah ideal 8-10 buah jenis ukuran sedang atau normal. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui saat membudidayakan buah durian. Salah satunya yaitu dengan memilih bibit durian yang unggul dan berkualitas agar pohon durian cepat berbuah.

Berbeda dengan jenis buah lainnya, durian mampu membuat sebagian masyarakat menjadi fanatik terhadap buah ini. Bagi penggemar fanatik buah durian, mereka rela mendapatkan buah durian terbaik meskipun dengan harga mahal yang ditawarkan. Karena itulah, buah durian memiliki istilah King of Fruit.

Baca Juga : Cara Menanam Durian Dari Biji

Dalam membudidayakan buah durian, petani perlu mengetahui kualitas bibit durian yang akan ditanam. Selain menghasilkan kualitas buah durian yang bagus, pemilihan bibit durian unggul juga nantinya bisa diperbanyak untuk mendapatkan bibit-bibit durian lainnya. Untuk itu kali ini kita bahas tentang Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas Agar Cepat Berbuah, dibawah ini.

Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Hingga saat ini, kebanyakan bibit durian yang tersebar di Indonesia merupakan jenis durian dari negara Thailand dan Malaysia. Padahal jenis durian lokal banyak yang bagus dan unggus, namun belum banyak diketahui masyarakat.

Yang termasuk durian unggul adalah durian yang memiliki banyak keunggulan, seperti ukuran buah durian, ketebalan daging buah, rasa buah, warna daging buah, ukuran biji, produktivitas buah serta ketahanan tanaman terhadap hama atau penyakit.

Baca Juga : Cara Budidaya Durian Musang King 

Ada banyak jenis dan varietas durian,seperi Durian Musang King, Durian Montong, Durian Bawor, Durian Petruk, Durian Merah, Durian Pelangi, dan jenis lainnya. Kita bisa dengan mudah memilih jenis durian mana yang akan ditanam. Namun yang terpenting adalah kita bisa memilih bibit durian yang unggul dan berkualitas. Dibawah ini beberapa ciri bibit durian unggul dan berkualitas.

Ciri Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

  • Bibit durian unggul dan berkualitas memiliki batang bawah yang sehat dan tidak terlalu kecil dengan ukuran ketinggian bibit minimal 60cm.
  • Anda bisa pilih bibit kaki tunggal atau ganda. Pada bibit kaki ganda bisa membuat pertumbuhan menjadi optimal, dan jika salah satu batang terserang kanker batang, maka masih ada batang lain sebagai cadangan.
  • Pilih bibit durian yang tidak ada bubuk-bubuk putih dibagian batang. Karena bubuk putih menandakan ada larva lalat daun didalam batang. Larva ini sangat berbahaya bagi tanaman.
  • Pilih bibit dengan kondisi batang dan cabang yang terlihat kokoh dan kuat, serta batang utama tampak lurus, batang tumbuh dengan tegak dan tidak melengkung, dan memiliki banyak cabang disegala arah.
  • Pilih bibit durian yang sudah berumur setidaknya 6 bulan.
  • Pilih bibit durian dengan tinggi penempelan sekitar 10cm dari pangkal leher batang.
  • Untuk ukuran diameter batang setidaknya telah mencapai 1cm sampai 1,5cm.
  • Pilih bibit dengan banyak daun, sekurang-kurangnya 8-10 helai daun.

Baca Juga : Cara Menanam Budidaya Durian Bawor

Selain dengan memilih bibit yang unggul dan berkualitas, petani juga perlu mengetahui teknin taman buah durian. Karena teknik tanam yang baik akan mempercepat pohon durian berbuah dan ada juga teknik pembuahan yang dilakukan diluar musim panen. Teknik pemangkasan, menjadi teknik yang banyak digunakan para petani durian di indonesia dan pemangkasan menjadi teknik yang sangat klasik. Pemangkasan dilakukan untuk mempercepat proses tumbuh buah dan menghilangkan berbagai hama yang ada di batang.

Itulah beberapa tips Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas Agar Cepat Berbuah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.