Panduan Lengkap Cara Menanam Durian Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Durian Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Durian (Durio zibethinus) adalah salah satu buah dari tumbuhan tropis wilayah asia tenggara yang berasal dari famili Malvaceae. Buah durian bertipe kapsul dengan bentuk bulat, bulat telur hingga lonjong dengan panjangnya sekitar 25 cm dan diameter hingga 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam atau berduri, memiliki warna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan. Buah durian memiliki aroma yang sangat tajam dan rasa yang enak, akan tetapi tidak semua orang suka dengan buah durian karena aromanya yang menyengat menyebabkan mual. Buah Durian memiliki beberapa spesies selain D. zibethinus (durian benar) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30 jenis), tapi hanya 9 jenis durian yang dapat dimakan.

Klasifikasi Ilmiah Durian
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Durio
Spesies: D. zibethinus

Cara Menanam Durian Dari Biji Bagi Pemula

Persiapan Benih Durian

Pertama, bersihkan biji durian dari daging yang masih menempel, kemudian keringkan biji dengan cara diangin-anginkan. Agar biji menghasilkan benih pohon durian yang unggul, maka simpan dahulu biji selama 2 minggu di tempat yang kering sebelum disemaikan.

Cara Menyemai Biji Durian

Media tanam yang digunakan untuk menyemai biji durian yaitu tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1. Jika sudah siap, media tanam disiram lalu tanam biji dengan posisi miring sehingga calon akar bisa langsung menuju tanah, timbun biji hingga sedikit bagian saja yang terlihat. Apabila tempat persemaian yang digunakan luas, maka semai biji dengan jarak sekitar 2-3 cm. Jika sudah, tutup bagian atas persemaian dengan plastik agar terlindung dari sinar matahari secara langsung. Biasanya biji benih durian ini akan tumbuh menjadi bibit setelah 3 minggu semai dan bibit bisa ditanam setelah memiliki 3 helai daun.

Penanaman Bibit Durian

Siapkan bedengan dengan ukuran sesuai keinginan, selanjutnya bualah lubang tanam dengan jarak tanam antar bibit sekitar 10-12 meter. Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan bibiit dalam lubang tanam lalu timbun kembali dan bagian atasnya ditutup jerami kering. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan Pohon Durian

Buatlah aliran drainase, biasanya penyiraman dapat dilakukan sehari sekali untuk bibit yang baru ditanam dan 2-3 kali seminggu untuk bibit yang telah berumur lebih dari satu bulan.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar pohon agar tidak mengganggu tumbuh kembang pohon durian. Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos, pupuk hijau dan pupuk buatan lainnya. Bisa juga dengan memberikan pupuk NPK bisa dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

Masa Panen Buah Durian

Biasanya pohon durian akan mulai berbunga setelah berumur 8 tahun. Pohon durian hanya berbuah pada musim kemarau saja. Buah durian yang telah matang biasanya akan mengeluarkan bau menyengat dan terjadi perubahan warna kulit dan biasanya buah yang telah matang akan jatuh ke tanah. Tapi jika jatuh ke tanah maka akan menyebabkan buah rusak dan nilai jualnya berkurang maka petani akan mengikat durian dengan tali dan plastik sebulan sebelum durian matang.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Durian Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa