Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula – Cabe Rawit atau Cabai Rawit (Capsicum frutescens) adalah salah satu tumbuhan dari famili Solanaceae. Tanaman ini adalah tanaman yang berasal dari Benua Amerika. Tanaman Ini dimanfaatkan buahnya untuk bumbu masakan, buah cabe rawit memiliki warna yang akan berubah dari hijau menjadi merah ketika matang. Walaupun memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan varietas lain, tapi buah cabe rawit memiliki tingkat kepedasan yang cukup pedas yaitu sekitar 50 ribu hingga 100 ribu pada skala Scoville. Cabe rawit meskipun pedas memiliki beberapa manfaat seperti dapat meningkatkan sirkulasi darah, dapat membantu mengobati nyeri otot, dan dapat membantu detoksifikasi.

Harga cabe rawit sering kali melonjak tinggi, untuk menyiasatinya kita dapat menanam cabe rawit di rumah seperti di halaman rumah ke tanah langsung atau dengan menggunakan pot/polybag.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah

Persiapan Bibit Cabe Rawit

Biji benih cabe rawit dapat diperoleh dengan membuatnya sendiri atau membelinya di toko pertanian. Setelah itu rendam biji selama 6 jam untuk mempercepat pertumbuhan bibit dan gunakan biji yang tenggelam saja. Selanjutnya, keringkan biji dengan menjemurnya namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Buatlah media semai dengan menggunakan campuran tanah dan sekam atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Lalu letakkan media semai pada kotak semai setebal 5-10 cm. Jika sudah, semai biji cabe rawit dengan jarak 10 cm kemudian lakukan penyiraman. Lalu tutup persemaian dengan menggunakan karung goni basah (jika sudah kering basahi lagi) agar media semainya tetap lembab, setelah 4 hari barulah karung goni diganti dengan plastik transparan. Biasanya benih akan tumbuh setelah 30-45 hari setelah semai dan apanila jumlah daunnya sudah 4 maka dapat dilakukan pemindah tanaman.

Penanaman Cabe Rawit

Siapkan polybag atau pot tanam berukuran 30 cm, lalu isi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian buatlah lubang tanam dan pindahkan bibit beserta media semainya lalu timbun dan sedikit padatkan. Ketika mulai besar, pasangkan ajir dari bilah bambu sepanjang 20 cm.

Perawatan Cabe Rawit

Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari secukupnya saja jangan terlalu basah. Lakukan pemupukan sebulan setelah penanaman dan pemupukan berikutnya dapat dilakukan setiap setelah panen. Lakukan pula penyiangan jika ada gulma tumbuh disekitar pot/polybag.

Pemanenan Cabe Rawit

Setelah memasuki umur 2,5 bulan, cabe rawit bisa dipanen dengan cara memetiknya beserta tangkainya pada pagi hari.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa