Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bawang Lokio Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bawang Lokio atau Bawang Batak  Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Bawang Lokio adalah salah satu jenis bawang yang memiliki ukuran cenderung lebih kecil hampir mirip dengan bawang daun.

Rasa bawang lokio lebih tajam disbanding bawang pada umumnya, kandungan nutrisi bawang lokio lebih banyak dan juga harga bawang lokio lebih mahal jika dijual dengan permintaan pasar terus meningkat.

Cara Menanam dan Merawat Bawang Lokio Bagi Pemula

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Bawang Lokio

Bawang lokio bisa ditanam di tanah langsung atau dengan pot/polybag. Jika pada lahan tanam, pilihlah lokasi tanam yang memiliki pencahayaan penuh dan tidak ternaungi oleh pohon besar; bersih dari polusi dan jauh dari pemukiman; dan mudah dijangkau dan dekat dengan sumber air.

Jika penanaman menggunakan pot/polybag, maka iapkan media tanam berupa pot, polybag berukuran sedang atau jika ingin lebih hemat maka bisa menggunakan botol maupun kaleng bekas. Pastikan tempat tanam berukuran kurang lebih 25-30 cm. Kemudian siapkan media tanam berupa pupuk kompos, bokhasi, dan tanah humus dengan perbandingan 1:1:1. Setelah semua tercampur dengan rata, masukkan ke dalam media tanam berupa polybag, botol bekas maupun kaleng bekas. Masukkan tanah dengan menyisakan sekitar 3 cm ruang dari atas agar tanah tidak mudah tumpah saat dipindahkan.

Persiapan Bibit Bawang Lokio

Perbanyakan bibit lokio dapat dilakukan dengan umbi bawang yang sudah tua. Potong bagian umbi lalu rendam dalam air. Letakkan media beserta umbi bawang yang direndam di ruang dengan pencahayaan sedikit dan biarkan tunas muncul pada umbi dengan sendirinya.

Lakukan penggantian air setiap hari agar umbi tidak busuk dan tunas bisa tumbuh dengan baik. Setelah tunas muncul, biarkan tunas tumbuh sepanjang 3-4 cm.

Penanaman Bawang Lokio

Setelah tunas bawang lokio tumbuh sekitar 3-4 cm, maka lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam sedalam 5 cm pada media tanam lalu masukkan bibit pada lubang tanam tersebut dan pada satu pot/polybag bisa ditanam 1-3 bibit bawang lokio. Jika sudah dimasukkan, tutup kembali lubang tanam dan sedikit padatkan.

Cara Merawat Tanaman Bawang Lokio

Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali sehari dengan intensitas sedang untuk menjaga kelembaban tanam dan kesehatan tanaman. Penyiraman tersebut juga dapat disesuaikan dengan cuaca dan kondisi media tanam.

Lakukan pemupukan kembali setiap 2 minggu sekali hingga bawang berusia 2 bulan. Pemupukan tersebut dapat menggunakan pupuk urea, NPK, ataupun TSP. Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman bawang. Jika ada daun bawang yang terkena hama atau penyakit maka segera pangkas agar tidak menyebar.

Masa Panen Bawang Lukio

Bawang lukio dapat dipanen setelah mencapai umur 2 bulan setelah tanam, ditandai dengan ujung daun bawang yang mulai layu dan adanya sedikit gundukan di atas tanah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bawang Lokio Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa