Cara Menanam dan Merawat Buncis Tegak Tanpa Lanjaran Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Buncis Tegak Tanpa Lanjaran Agar Sukses Bagi Pemula – Buncis (Phaseolus vulgaris L.) adalah jenis tanaman sayuran yang berasal dari Meksiko Selatan, Amerika Selatan dan daratan Cina. Namun penanaman tanaman sayuran ini meluas ke Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Barat dan Afrika Timur. Tanaman buncis ini termasuk dalam famili Leguminoceae atau kacang-kacangan dan merupakan tanaman semusim berbentuk perdu. Ada dua tipe pertumbuhan tanaman buncis yaitu tipe merambat dan tipe tegak.

Tanaman buncis tegak tidak tumbuh merambat tapitegak berdiri dan buah menjuntai hingga kadang menyentuh tanah. Budidaya tanaman buncis tegak dianggap sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan ajir, selain itu kualitas buah dan produktifitasnya juga mampu menyamai buncis merambat. Buncis tegak ini umumnya mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah hingga dataran menengah.

Cara Menanam dan Merawat Buncis Tegak Tanpa Lanjaran

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan digunakan untuk menanam buncis tegak yang baik adalah lahan yang memperoleh sinar matahari penuh sepanjang siang. Tanah yang ditanami juga harus mengandung cukup unsur hara sehingga akan menunjang pertumbuhan tanaman buncis nantinya.

Untuk itu, bersihkan lahan dari tanaman penghalang sinar sekaligus gulma. Gemburkan tanah dengan cangkul atau mesin bajak dan persiapkan sumber air untuk kebutuhan penyiraman tanamn buncis.

Siapkan bedengan untuk menanam buncis tegak, bedengan tersebut harus diisi dengan pupuk dasar terlebih dahulu agar subur. Pupuk dasar yang digunakan dapat berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Selain itu, untuk menjaga suplai unsur hara makro maka bisa menambahkan pupuk NPK secukupnya saja.

Tanaman buncis memiliki kemampuan fiksasi unsur Nitrogen pada area perakarannya. Untuk itu jika melakukan penanaman buncis dimusim penghujan jangan memberikan pupuk nitrogen seperti ZA atau UREA. Mungkin bisa menggunakan NPK dengan unsur N sedikit atau cukup dengan pupuk Phospat dan Kalium. Setelah diberi pupuk maka bedengan dibentuk dan dilapisi plastik mulsa untuk mencegah rumut liar.

Penanaman Benih Buncis Tegak

Buatlah lubang tanam dengan jarak 50×50 cm. Biji buncis bisa langsung ditanam dengan kedalaman 5 cm atau bisa menyemaikan bibit buncis terlebih dahulu dengan polybag atau pot. Biji buncis biasanya akan tumbuh setelah sekitar 5 hari tanam/semai. Tunggu hingga biji buncis tumbuh sempurna sebelum dilakukan penyiraman. Lakukan penyulaman pada benih buncis tegak yang gagal tumbuh pada 2-5 hari pertama.

Perawatan Tanaman Buncis Tegak

Lakukan pemupukan sususlan pertama pada sekitar 10 hari setelah tumbuh. Pupuk yang digunakan dapat berupa larutan NPK dengan dosis 2-3 gram per liter. Kocorkan sekitar 100-200 cc pada pangkal tiap tanaman buncis. Interval pemupukan ini dilakukan setiap 10 hari sekali dengan dosis meningkat tiap 20 hari sekali.

Lakukan penyiraman secukupnya. Penyiraman ini dapat dilakukan dengan interval 7-10 hari sekali.

Masa Panen Buncis Tegak Tanpa Lanjaran

Pemanenan buncis bisa dilakukan setelah berumur 1,5 bulan. Pemanenan ini dapat dilakukan setiap hari asalkan pengairannya terjaga.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Buncis Tegak Tanpa Lanjaran Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa