Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Bunga Celosia (Celosia argentae L. var plumose) merupakan jenis tanaman semusim yang masih satu family Amaranthaceae atau bayam-bayaman. Nama lain bunga celosia diantaranya yaitu Jengger Ayam (Jawa), Jawer Kotok (Sunda), Bayam Biludu (Sumatera).

Bunga celosia ini memiliki beragam warna yang cantik diantaranya yaitu ungu, merah, kuning, ungu, dan kombinasi warna tersebut. Bunga tersebut muncul pada bagian ujung ranting.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Celosia

Sebelum ditanam di luar, maka benih bunga celosia sebaiknya di semai di bawah naungan sekitar 6 minggu sebelum tanam. Bibit bunga tersebut bisa diperoleh dengan membeli di toko bibit atau mengambilnya langsung dari tanaman induk.

Bagi yang tidak memiliki halaman yang terlalu luas, bunga celosia bisa diletakkan di polybag atau pot berukuran kecil hingga sedang dan diletakkan di teras rumah yang cukup tersinari matahari. Jika semua sudah siap tanam, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Penanaman tersebut dilakukan dengan jarak sekitar 6-12 inchi sesuai keinginan.

Cara Merawat Bunga Celosia

Bunga celosia menyukai lingkungan tanah dengan drainase yang baik juga mendapat sinar matahari secara cukup. Untuk itu, pastikan tanah selalu mendapatkan air yang mencukupi dan bunga celosia mendapatkan sinar matahari secara cukup. Lakukan penyiraman bunga celosia tersebut secara rutin minimal 1 hari sekali. Penyiraman bisa dilakukan di pagi hari atau di sore hari. Penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja jangan sampai air menggenang di permukaan tanah untuk mencegah akar tanaman mudah mengalami pembusukan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga celosia terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia dengan dosis sesuai anjuran.

Lakukan pula pemangkasan secara rutin, pemangkasan tersebut dilakukan pada bunga dan daun yang layu agar tidak mengganggu bagian tumbuhan yang lain. Jika perlu, berikan pupuk perangsang pertumbuhan kelopak bunga pada bunga celosia agar dapat mekar secara maksimal.

Lakukan pula pergantian media tanah secara rutin tanaman bunga celosia untuk mencegah perubahan pH tanah yang terlalu ekstrim yang dapat menyebabkan tanaman keracunan dalam kurun waktu tertentu.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post