Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula – Tanaman bunga Fittonia atau Tanaman saraf (Fittonia spp.) merupakan salah satu tanaman hias berwarna hijau dengan daun berurat hijau yang halus, selain hijau warna uratnya ada yang putih keperakan, pink dan putih.

Tanaman ini disebut dengan tanaman saraf karena bentuknya yang seperti aliran darah dalam tubuh manusia. Fittonia ditemukan pada abad ke-19, oleh ahli tanaman asal Irlandia yang bernama Elizabeth dan Sarah Mary Fitton, itulah sebabnya tanaman ini disebut bunga fittonia.

Fittonia masih merupakan keluarga Acanthaceae. Tanaman yang habitat aslinya berada di Amerika Selatan ini terkenal dengan dedaunannya yang sangat indah, berwarna hijau gelap dengan garis-garis tulang yang berwarna putih atau merah, tergantung jenisnya.

Karakteristik tanaman bunga fittonia yaitu lebih menyukai cahaya yang redup dan tidak terlalu menyilaukan; tidak tahan dengan suhu udara yang dingin; menyukai tanah yang lembab, tapi tidak basah atau becek; dan sangat menyukai udara yang lembab, dan dedaunannya pun terlihat lebih indah pada udara dengan kelembaban tinggi.

Cara Budidaya dan Merawat Fittonia Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Fittonia

  • Pertama, siapkan media tanam yang akan digunakan berupa tanah.
  • Kemudian, siapkan pot sesuai dengan ukuran tanaman Fittonia yang akan ditanam.
  • Selanjutnya, masukkan sedikit tanah ke dalam pot sampai menutupi sekitar 1/3 bagian pot.
  • Setelah itu, keluarkan bibit bunga fittonia dari polybag atau tempat sebelumnya, dan pindahkan ke pot yang baru.
  • Berikutnya, tutupi pot dengan tanah sampai mencapai batas leher pot lalu berikan semprotan air ke permukaan tanah di dalam pot.

Cara Merawat Bunga Fittonia

Simpan tanaman Fittonia di tempat yang cukup terang, tapi hindari terkena sinar matahari secara langsung karena bisa membuat daun tanaman menjadi berwarna kecoklatan. Selain itu, hindarkan fittonia dari tempat yang terlalu berangin.

Lakukan pemberian air pada tanaman fittonia sebanyak 2-3 kali seminggu. Gunakan air dengan suhu ruangan saat menyemprotkan air ke fittonia, hindari menggunakan air yang terlalu dingin. Langsung semprotkan air jika dedaunan terlihat agak layu, tapi jangan terlalu berlebihan memberikan air pada Fittonia.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa