Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Jepang Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Jepang Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Melati jepang merupakan salah satu jenis bunga melati yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Sesuai dengan namanya, bunga melati ini berasal dari Jepang. Bunga melati ini tidak jauh berbeda dengan bunga melati pada umumnya yang memiliki aroma wangi dan memiliki bentuk yang indah, tapi bunga ini dinilai lebih elegan dan indah dibanding jenis bunga melati biasa.

Secara anatomi, bentuk batang dan ukuran daun melati jepang tidak jauh berbeda dengan melati biasa. Daun tumbuh berhadapan dan berselang-seling memberikan keunikan tersendiri. Bunga tumbuh di sepanjang tangkai dengan bentuk mengerucut. Tandan bunga berwarna hijau dengan bentuk bergerigi menyerupai gigi.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Jepang Di Dalam Pot

Syarat Tumbuh Melati Jepang

Sebenarnya, tanaman hias melati jepang dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Namun perlu diperhatikan yaitu kondisi tanam, jangan sampai air tergenang. Untuk itu disarankan untuk menanam bunga melati jepang ini di pot.

Persiapan Bibit Melati Jepang

Pilihlah bibit melati jepang yang berkualitas. Pilih bibit yang berasal dari perbanyakan secara stek.
Bibit melati jepang ini dapat diperoleh di tempat penjualan bibit tanaman hias. Pilihlah bibit yang sehat, tidak terserang hama dan penyakit, bibit memiliki daun yang berwarna hijau cerah, tinggi bibit kira kira 10-15 cm dan pastikan semua bagian tanaman tumbuh dengan normal.

Sebelum ditanam sebaiknya bibit didiamkan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Letakkan bibit di lokasi yang teduh. Lakukan penyiraman dan pemeliharaan rutin hingga bibit benar-benar siap ditanam.

Persiapan Media Tanam Melati Jepang

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan media secara merata, kemudian masukkan media ke dalam pot yang telah disiapkan. Namun terlebih dahulu cuci bersih pot yang akan digunakan. Setelah itu barulah penuhi pot dengan media tanam dan padatkan lalu siram media menggunakan air secukupnya.

Jika pada saat penyiraman media menyusut maka tambahkan media kembali hingga media dalam pot penuh. Diamkan media tanam dalam pot selama 3-4 hari. Kemudian baru bisa dilakukan penanaman.

Menanam Melati Jepang Dalam Pot

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Pilih bibit yang sehat dan menunjukkan pertumbuhan yang baik. Lalu buatlah lubang tanam di dalam pot sedalam ukuran polybag bibit.

Disarankan tanam bibit beserta plastik polybagnya, karena tidak akan merusak akar tanaman. Saat tanaman tumbuh membesar maka plastik tersebut akan terlepas dan hancur dengan sendirinya. Atau bisa juga lepaskan plastik polybagnya dan tetap menyisakan tanah pada polybag. Jika memilih cara ini lakukan dengan hati hati agar tidak merusak perakaran.

Setelah itu kemudian masukkan bibit kedalam pot. Tanam bibit dengan hati-hati dan padatkan tanah disekitar daerah perakaran.

Karena bunga melati jepang sangat menyukai cahaya matahari langsung, untuk bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangannya maka pot bunga melati jepang harus diletakkan di luar ruangan. Maka tanaman dapat melakukan fotosintesis secara optimal.

Cara Merawat Melati Jepang

Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja, jangan terlalu tergenang karena dapat menyebabkan tanaman mengalami kebusukan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman melati jepang terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK, yang dilakukan setiap 3 minggu sekali. Selain itu dapat pula diberi tambahan pupuk organik seperti pupuk kandang.

Jika cabang sudah terlalu banyak atau tanaman terlalu rimbun, maka lakukan pemangkasan. Selain untuk mengendalikan pertumbuhan cabang, pemangkasan ini juga bertujuan untuk membuat tanaman lebih cepat berbunga.

Melati Jepang Mulai Berbunga

Setelah tanaman melati jepang mencapai pertumbuhan yang maksimal, maka pada umur 5-6 bulan setelah tanam, bunga melati jepang akan mulai mengeluarkan bunga pertama.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Jepang Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post