Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Vinca (Catharanthus roseus) merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari Madagaskar. Tanaman vinca biasanya disebut vinca gantung untuk dijadikan sebagai tanaman hias depan rumah.

Tanaman bunga vinca gantung merupakan tanaman yang tahan panas dan juga dapat tumbuh dengan baik. Ada banyak warna bunga vinca ini, selain karena indah, bunga ini tidak mudah terserang penyakit dan tumbuh dengan tegak juga mampu menggantung.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Vinca Gantung

Bunga vinca gantung dapat ditanam melalui semai biji benih atau stek batang. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga vinca gantung melalui biji, berikut selengkapnya:

  • Pertama, siapkan tempat tanam, tanah, kompos, tempat penyemaian dan bekas air mineral.
  • Selanjutnya, berikan lubang pada media semai g agar air bisa mengalir keluar.
  • Sebaiknya kukus dan berikan fura dan 3GR untuk mengantisipasi adanya serangga atau hama yang bisa menghambat proses persemaian.
  • Kemudian, rendam biji vinca dengan air hangat selama sekitar 2 jam atau bisa juga langsung untuk menanamnya.
  • Siapkan wadah untuk menampung media semai sekitar ¾ bagiannya.
  • Setelah itu, tempatkan biji vinca dalam media semai dengan kedalaman kira-kira sekitar 0,5 cm, lalu beri lagi satu lapisan tanah diatas biji vinca.
  • Setelah penemaian, lakukan penyiraman pada biji semai dengan menggunakan sprayer agar tidak merusak media persemaian lalu tutup media semai dengan plastik untuk memastikan media semai (optional).
  • Benih akan tumbuh setelah sekitar 7 hari untuk biji vinca. Jika sudah terlihat tumbuh, lepas tutup plastik apabila biji vinca ditutupi.
  • Lakukan penyiraman secara rutin dengan menggunakan sprayer dan juga perhatikan jumlah tanaman vinca gantung muda. Jika jumlah daunnya sudah mencapai 4 daun maka bisa dipindahkan ke tempat yang lebih besar. Jika sudah dipindahkan, selanjutnya lakukan pemupukan juga proses pemangkasan untuk memperindah dan membuat bunga vinca gantung lebih baik.

Proses Pitching dan Pruning Bunga Vinca Gantung

Proses pitching dan pruning yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:

Perhatikan jumlah daun apakah sudah mencapai 6 buah daun, jika sudah maka buang setidaknya 2 bagian daun paling atas. Setelah itu biarkan agar 2 cabang pada tanaman tersebut tumbuh. Untuk merangsang lebih banyak pertumbuhan cabang maka buang kembali 2 daun. Jika tanaman sudah terlihat dewasa maka lakukan pemangkasan secara teratur agar lebih cantik dan rapi.

Pemupukan Bunga Vinca Gantung

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga vinca gantung terpenuhi maka lakukan pemupukan secara teratur. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan dosis sekitar1 sdt/ pot tanaman dengan catatan berdiameter sekitar 15 cm.

Bunga akan muncul sekitar 6 minggu jika terlalu banyak cabang maka sebaiknya buang. Selanjutnya lakukan pemupukan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Demikian artikel tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post