Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula – Zodia (Evodia suaveolens) merupakan salah satu jenis tanaman hias sekaligus tanaman pengusir nyamuk. Tanaman hias satu ini memiliki bentuk bunga berukuran kecil berwarna putih, dan memiliki manfaat seperti bunga Geranium. Di daratan Papua, bunga ini terkenal dapat mengusir nyamuk, selain itu juga bisa memanfaatkan tanaman hias ini untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

Cara menggunakan tanaman zodia ini untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya yaitu dengan mengebas-ngebaskan daun bunga zodia disudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk atau serangga.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula

1. Siapkan bahan-bahan seperti biji bunga zodia, pot berukuran kecil hingga sedang, tanah, pupuk kandang, sekam bakar dan media untuk menyemai biji zodia (sebuah wadah dan kapas).

2. Selanjutnya, semaikan biji bunga zodia. Menyemai biji ini berarti akan menumbuhkan sedikit tunas terlebih dahulu dari biji tersebut. Menyemai bibit ini bisa membutuhkan beberapa hari hingga biji tumbuh tunas. Penyemaian biji tersebut bisa dilakukan di selembar kapas basah yang diletakkan di sebuah wadah dengan selalu menjaga kelembaban kapas.

3. Untuk media tanamnya, bisa siapkan pot dari berukuran kecil hingga sedang, kemudian isi dengan media tanam berupa campuran antara tanah dengan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 2 : 1. Campuran tanah ini juga bisa ditambahkan dengan sekam bakar secukupnya.

4. Setelah media tanah siap dan biji zodia sudah siap, selanjutnya dapat dilakukan penanaman. Jangan meletakkan biji yang sudah memiliki tunas kecil terlalu dalam di tanah, cukup hingga tunas tertutup sedikit dengan tanah. Agar tunas tetap dapat tumbuh dengan baik tanpa perlu menerobos tanas. Membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu hingga bunga zodia benar-benar bisa terlihat tumbuh tanamannya.

5. Atau cara lain dengan langsung beberapa biji bunga zodia ke dalam pot. Perbandingan media tanahnya juga sama yaitu 2 : 1 antara tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

6. Tunggu biji bunga zodia akan nampak tumbuh sekitar 2 minggu lamanya. Jaga selalu kelembaban dalam tanah mencegah untuk biji bunga zodia mengalami kekeringan.

7. Saat dalam pot berupa tunas kecil, maka dapat menyiramnya dengan semprotan tanaman. Karena jika menyiramnya langsung, ditakutkan air yang disiramkan terlalu banyak sehingga biji bunga zodia tersebut akan berpindah posisi. Terlebih, air yang terlalu banyak ditakutkan dapat membuat biji zodia yang baru tumbuh tunas akan membusuk.

8. Perawatan bunga zodia juga terbilang sederhana, yaitu hanya perlu menjaga agar tanaman ini tidak kering. Sehingga bunga zodia ini bisa dilakukan penyiraman 1-2 kali dalam sehari. Penyiramannya jangan sampai menggenang, penyiraman tersebut hanya sampai air meresap ke dasar por sehingga bunga zodia terbebas dari kekeringan.

Karena bunga zodia ini sangat menyukai sinar matahari, maka letakkan di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup dan udara yang baik. Jika diletakkan dalam ruangan, maka segarkan tanaman tersebut, diletakkan di luar ruangan setiap 3/4 hari sekali. Tetapi kesegaran oksigen tetap harus bunga zodia dapatkan, caranya dengan meletakkan bunga zodia diluar ruangan dalam interval waktu tertentu. Tetap lakukan penyiraman 1-2 kali sehari.

Lakukan pemberian pupuk secara rutin setiap sebulan sekali untuk menunjang nutrisi bunga zodia. Untuk pemberian pestisida sendiri bisa dilakukan seperlunya saja karena zat kimia yang terkandung dalam pestisida akan menimbulkan dampak negative terhadap tanaman itu sendiri.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa