Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Cabe Rawit atau Cabai Rawit (Capsicum frutescens) adalah salah satu tumbuhan dari famili Solanaceae. Tanaman ini adalah tanaman yang berasal dari Benua Amerika.

Tanaman cabe rawit dimanfaatkan buahnya untuk bumbu masakan, buah cabe rawit memiliki warna yang akan berubah dari hijau menjadi merah ketika matang. Walaupun memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan varietas lain, tapi buah cabe rawit memiliki tingkat kepedasan yang cukup pedas yaitu sekitar 50-100 ribu pada skala Scoville. Manfaat cabe rawit diantaranya yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah, dapat membantu mengobati nyeri otot, juga dapat membantu detoksifikasi.

Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Bagi Pemula

Persiapan Benih Cabe Rawit Organik

Benih cabe organik dapat dibeli di toko benih ataupun toko pertanian atau bisa juga membuat sendiri dengan mengambil benih secara langsung dari buahnya. Pilih buah cabe yang sudah tua dari tumbuhan cabe sehat dan tidak terkena hama ataupun virus. Selanjutnya, keringkan cabe organik di bawah terik matahari atau bisa langsung membelah buahnya dengan pisau secara perlahan. Kemudian, kumpulkan biji cabe organik dalam satu wadah dan angin- anginkan selama 1-2 hari.

Jika benih sudah siap, selanjutnya lakukan penyemaian. Siapkan tray semai atau polybag kemudian isi dengan media tanam berupa tanah gembur, sebelum disemai benih di rendam dalam air hangat tunggu hingga suhu air berubah dingin dan tiriskan benih cabe organik. Setelah itu, angin- anginkan sebentar hingga air mengering.

Jika sudah siap semua, taburkan benih cabe organik dan tutup benih pada media semai menggunakan tanah secara tipis. Setelah itu, semprotkan sedikit air untuk melembabkan tanah pada media, dan letakkan pada ruang dengan sedikit cahaya matahari.

Penanaman Cabe Organik

Jika benih cabe sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5- 7 cm, maka dapat dipindahtanamkan secara langsung ke tanah atau dalam pot.

Jika menanam cabe rawit organik secara langsung, maka harus dilakukan pembersihan, penggemburan, pemupukan lahan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengukur pH tanah, pH yang baik untuk menanam cabe organik yaitu sekitar 5-7. Jika pH tanah terlalu asam, maka anda bisa menaburkan kapur dolomit terlebih dahulu.

Apabila menanamnya di dalam pot maka hanya perlu mengisi pot berukuran sedang dengan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang tanam dan memasukkan bibit cabe organik secara perlahan lalu tutup lubang tanam dan padatkan.

Perawatan Hingga Panen Cabe Rawit Organik

Lakukan penyiraman secara rutin dan sesuaikan dengan cuacanya. Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2 minggu sekali untuk menjaga kesuburan tanaman cabe. Selanjutnya, lakukan penyiangan dan pembersihan media tanam setiap 2 minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa