Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Bagi Pemula – Brokoli kuning merupakan jenis tanaman hias yang bentuknya menyerupai brokoli. Tanaman hias ini tergolong dalam tanaman semak rendah karena tinggi tanaman ini normalnya dapat mencapai 55 cm. Nama latin brokoli kuning yaitu Euodia ridleyi atau Colifa dan dalam bahasa inggris Golden False Aralia.

Ciri tanaman hias brokoli kuning diantaranya batang bercabang banyak, berdaun rimbun, daun berwarna kuning, tajuk berdiameter sekitar 45 cm dan tinggi tanaman 55 cm.

Cara Menanam dan Merawat atau Budidaya Tanaman Hias Brokoli Kuning Bagi Pemula

Persiapan Bibit Brokoli Kuning

Cara perbanyak tanaman hias brokoli kuning bisa diambil dari anakan yang tumbuh didekat tanaman induk yang sudah dewasa atau bisa melalui stek batang.

Cara stek tanaman hias brokoli kuning dengan stek batang yaitu pilih dan potong bagian cabang tanaman hias brokoli kuning yang diameternya sudah mencapai 3 cm, sepanjang 5-10 cm. Jika batang stek sudah dipilih, selanjutnya rendam dengan larutan zat perangsang tumbuhnya akar selama 1 jam.

Setelah itu, siapkan polybag dan media tanam. Sebaiknya gunakan media tanam berupa campuran humus dan kompos. Gemburkan media tanam dan masukkan ke polybag tanam hingga 3/4 bagian polybag. Kemudian, buatlah lubang tanam sedalam 3 cm dan masukkan cabang tanaman hias brokoli kuning yang telah dipotong sebelumnya.

Jika sudah siap, tancapkan bibit stek brokoli kuning lalu masukkan lagi media tanam hingga memenuhi permukaan polybag. Lakukan penyiraman dan letakkan ditempat yang terlindung dari teriknya sinar matahari dan hujan.

Jika menggunakan anakan yang tumbuh di tanaman indukan, maka ambil dan cabut dengan hati-hati anakan tanaman hias brokoli kuning tersebut lalu masukkan media tanam ke dalam polybag berupa humus dan kompos hingga 3/4 bagian polybag. Lalu buat lubang tanam dan tanam anakan tersebut. Padatkan kembali dengan media tanam hingga mencapai batas atas polybag. Letakkan bibit pada tempat yang aman, jauh dari jangkauan bahaya, terik matahari dan genangan air hingga bibit berumur 2 minggu.

Penanaman dan Perawatan Tanaman Hias Brokoli Kuning

Setelah bibit berumur 2 (dua) bulan, maka bibit brokoli kuning dapat dipindahkan ke lahan tanam atau tempat tanam yang lebih besar. Pastikan pemindah tanaman brokoli kuning ini tidak merusak akarnya.

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman brokoli kuning yaitu pastikan kondisi sekitar bibit jauh dari tempat yang selalu digenangi air dan tidak terlalu kering. Lakukan penyiraman sesuai dengan kondisi media tanam dan juga lakukan pemupukan secara rutin. Jika dianggap sudah terlalu tinggi dan membentuk semak-semak maka bisa dilakukan pemangkasan cabang.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa