Cara Menanam dan Merawat Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa) Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa) Di Rumah Bagi Pemula – Bunga janda bolong atau yang memiliki nama latin Monstera Deliciosa merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari sebagai tanaman hias ruangan. Tanaman Monstera Deliciosa ini berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko. Tanaman hias bunga ini memiliki daun yang cukup besar bahkan hingga seukuran telapak tangan orang dewasa, berwarna hijau pekat, terdapat juga tekstur yang mirip sobekan pada daunnya yang setiap jenis atau varietas monstera memiliki pola sobek yang berbeda.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Janda Bolong
Kerajaan: Plantae
Clade : Angiosperms
Clade : Monokot
Memesan: Alismatal
Keluarga: Araceae
Marga: Monstera
Jenis: M. deliciosa

Tanaman ini termasuk salah satu tanaman merambat atau memanjat karena pada bagian batangnya terdapat akar. Akar tersebut bisa membantu tanaman menempel dan membantu menyerap air untuk pertumbuhannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat tanaman janda bolong, berikut selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa)

Kebutuhan Suhu Tanaman Monstera Deliciosa

Meskipun suhu di Indonesia tidak jauh berbeda dengan suhu Meksiko, bunga janda bolong tetap memerlukan perhatian khusus dalam masalah suhu. Pada siang hari, tanaman hanya akan bertahan apabila berada pada suhu antara 23°C-30°C. Lalu pada malam hari, bunga janda bolong harus berada pada suhu ruangan setidaknya 15°C. Jadi apabila tanaman bunga janda bolong dirasa tidak tumbuh secara optimal, coba mulai perhatikan suhu di sekitar bunga.

Kebutuhan Sinar Matahari Tanaman Monstera Deliciosa

Meskipun banyak orang yang menanam bunga janda bolong ini di dalam pot dan meletakannya di dalam ruangan, pada dasarnya tanaman bunga ini tetap membutuhkan sinar matahari. Jadi agar tanaman ini tetap mendapatkan sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan, letakkan tanaman bunga ini tidak jauh dari jendela atau pindahkan pot tanaman tersebut ke beberapa tempat yang terkena sinar matahari.

Media Tanam Tanaman Monstera Deliciosa

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bunga janda bolong atau monster deliciosa ini yaitu campuran tanah dengan pasir dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Persiapan Bibit Bunga Janda Bolong atau Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa atau bunga janda bolong dapayt diperbanyak melalui stek. Ambil batang untuk bibit stek dari indukan bunga janda bolong yang sehat dan berkualitas baik.

Cara Merawat Bunga Janda Bolong atau Monstera Deliciosa

Perawatan tanaman monstera juga sama dengan jenis tanaman lain, yaitu lakukan penyiraman secara rutin yaitu 2 hari sekali dengan kadar air sedang jika di dalam ruangan dan bisa dilakukan 2 kali sehari jika tanaman di luar ruangan dengan kadar air sedang. Monstera membutuhkan pemupukan secara berkala dan perlu menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama serta penyakit yang mengancam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa) Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post