Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula – Hairgrass (Eleocharis parvula) merupakan tanaman sejenis rumput yang tumbuh di air. Tanaman rumput ini berasal dar Amerika. Hairgrass digunakan sebagai tanaman foreground atau tanaman karpet yang terdapat pada dasar aquarium.

Ada 3 jenis tanaman hairgrass yaitu:

Hairgrass Long
Tanaman hairgrass ini memiliki ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan tanaman hairgrass yang lainnya. Oleh sebab itu, tanaman hairgrass jenis ini lebih banyak digunakan untuk bagian belakang foreground.

Hairgrass Dwarf
Jenis hairgrass dwarf adalah jenis yang paling banyak peminat karena jenis hairgrass ini sangat cocok diberbagai ukuran tank. Jenis hairgrass dwarf memiliki ukuran yang lebih pendek. Untuk itu, tanaman hairgrass jenis ini lebih banyak digunakan pada bagian depan foreground.

Hairgrass Japan
Tanaman hairgrass japan memiliki ukuran lebih panjang dari jenis hairgrass dwarf namun lebih pendek dari hairgrass long. Hairgrass jenis ini tumbuh menggunakan tunas dan di dalam tunas berisi 3-9 daun. Tanaman hairgrass jenis ini lebih banyak digunakan untuk bagian belakang foreground.

Sebelum melakukan penanaman hairgrass untuk layout aquascape ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

  • Tanaman hairgrass tidak memerlukan Co2 terlalu banyak.
  • Cahaya lampu memegang peranan yang penting dalam pertumbuhan tanaman hairgrass, untuk itu penerangan yang konsisten dan stabil antara medium-high sangat dibutuhkan.
  • pH yang dibutuhkan antara 6.0-8.0, dengan kondisi optimal didalam aquarium antara 70°-83°
  • Tinggi tanaman ini dapat mencapai ukuran 3-10 cm.
  • Tanaman Hairgrass membutuhkan pupuk yang cukup banyak.

Cara Menanam Hairgrass

Cara Menanam Hairgrass dengan Menyemai Benih

Sebelum memulai pembibitan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya benih hairgrass yang bisa dibeli di toko, aquarium atau tank, pasir atau substrat, pupuk, air, lampu aquarium, dan botol semprotan. Berikut langkahnya:

  • Siapkan aquarium atau tank, letakkan media tanam atau substrat berupa pasir (pasir malang) pada lapisan pertama. Lalu taburi pupuk.
  • Kemudian, letakkan pasir lagi sebagai lapisan kedua. Pasir tersebut bisa di campur dengan batu bata yang telah dihancurkan kasar, atau pasir yang dicampur pupuk.
  • Media tanam lapisan pertama dan lapisan kedua disarankan memiliki ketebalan lebih kurang 2 cm.
  • Selanjutnya, genangi dengan air di bawah permukaan media tanam lebih kurang ketinggian 1-1,5 cm. Hal tersebut hanya untuk membuat media tanam menjadi lembab, bila air berlebihan bisa membuat benih menjadi busuk.
  • Setelah itu, taburkan benih sedikit demi sedikit ke media dan usahakan merata pada media, lalu semprotkan air dengan penyemprot yang paling halus. Hingga lembab saja dan jangan terlalu lembab.
  • Kemudian, lakukan penyinaran lebih kurang 6-8 jam perhari.
  • Lakukan penyemprotan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari selama 7 hari pertama. Jika benih semua bagus, maka pada hari ke 3 benih mulai berkecambah. Lalu pada hari ke 7 tanaman bisa digenangi dengan air. Aquarium sudah bisa diisi air dengan penuh.

Menanam Hairgrass dengan Tanaman yang Sudah Siap Tanam

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bibit hairgrass dapat dibeli di toko offline atau toko online. Kemudian siapkan media tanam berupa pasir yang telah dicampur dengan tanah humus lebih kurang setinggi 3 -4 cm kedalam aquarium atau tank. Kemudian basahi media tanam agar mudah pada saat menanam.
  • Sebelum menanam bersihkan terlebih dahulu bibit hairgrass dari kotoran pada bagian akarnya.
  • Pisahkan hairgras menjadi beberapa bagian. 1 akar hairgrass biasanya terdiri dari 3-5 daun.
  • Tanam pada media tanam dengan mengunakan pinset. Beri jarak masing-masing agar hairgrass tumbuh tersusun rapih, menyebar alami dan padat membentuk pola grid seperti menanam padi.
  • Kemudian setelah penanaman letakkan pada tempat teduh yang tidak terkena matahari secara langsung.
  • Lakukan penyemprotan pagi dan sore dengan semprotan yang ujungnya halus agar tanaman tetap lembab.
  • Setelah 2 minggu daun biasanya akan menguning dan rontok, namun itu hal yang wajar karena setelah mengalami proses tersebut tunas baru akan muncul. Setelah daun baru agak panjang, isi aquarium dengan air yang penuh.
  • Penggunaan lampu yang stabil dan pemberian pupuk akan mempercepat proses tumbuh tanaman hairgrass yang kalian miliki.

Perawatan Hairgrass Aquascape

Tanaman ini membutuhkan Co2 yang tidak terlalu tinggi, untuk itu tidak membutuhkan injeksi Co2. Cukup jaga kestabilan cahaya lampu. Pada hari pertama aquarium digenangi air, sebaiknya beri pupuk cair. Pupuk cair ini diberikan setiap minggu setelah mengganti air aquarium. Selain itu pupuk tancap juga diperlukan setiap 2 bulan sekali. Untuk pempertahankan keindahan tanaman hairgrass dan agar tidak mengganggu cahaya yang masuk, lakukan pemangkasan secara rutin jika ada rumput yang mulai memanjang. Gunakan gunting yang bersih agar tanaman tidak terinfeksi. Pemangkasanini sebaiknya dilakukan lebih kurang sebulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa