Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah – Lemon cui, lemon cina , jeruk kesturi atau jeruk manado adalah salah satu jeruk dengan nama ilmiah Citrus microcarpa. Buah lemon cui ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur, seperti di Sulawesi dan Maluku. Penggunaan lemon cui erat kaitannya dengan kebiasaan orang Manado atau Sulawesi Utara pada umumnya yang sangat senang mengkonsumsi ikan laut.

Secara fisik, buah lemon cui memiliki ukuran mini seperti jeruk nipis. Buahnya memiliki diameter 3-4 meter dan berwarna kuning semburat hijau. Kulit buahnya lebih halus dan lunak seperti jeruk siam medan yang berukuran kecil. Daunnya berwarna hijau tua mengkilap dan berakar tunggang. Keistimewaan jeruk lemon cui ini pertumbuhannya terbilang mudah dan cepat, serta memiliki aroma yang sangat kuat dan memiliki rasa asam yang khas.

Lemon cui mengandung vitamin C dan berbagai mineral penting sehingga tak heran jika lemon cui ini memiliki banyak manfaat. Di bidang farmasi dan kosmetik, kandungan senyawa limonin dan hesperedin memiliki efek ekspektorat (mengencerkan lendir), antiseptik, antioksidan, antitoksik (mengeluarkan racun), diuretik (peluruh kencing), antiradang, dan astringent.

Kandungan saponin dan flavonoid dalam buah lemon cui juga berperan dalam penanganan diabetes dan jantung. Senyawa fitokimianya juga bisa menghambat pertumbuhan mikroba. Selain itu, asam folat yang terkandung juga bermanfaat bagi ibu hamil dan mencegah cacar bawaan pada bayi.

Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot

Pemilihan Bibit Lemon Cui

Bibit lemon cui bisa diperoleh dari penangkar bibit buah-buahan. Bibit tersebut bisa berasal dari perbanyakan vegetatif baik itu dari okulasi, cangkokan, maupun sambungan. Ukuran pot harus disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran tanaman.

Persiapan Media Tanam dan Penanaman Lemon Cui

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam lemon cui yaitu tanah yang subur. Media tanam yang dapat digunakan yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Sebelum melakukan penanaman, lubang bagian dasar pot ditutup dengan menggunakan pecahan genteng, lalu lapisi atasnya dengan menggunakan batu kerikil dan pasir secukupnya. Selanjutnya, masukan media tanam yang telah dibuat dengan volume 1/3 saja.

Kemudian, pangkas sebagian akar bibit lemon cui. Jangan sampai ada akar tunggang yang terlalu panjang. Letakkan bibit di tengah-tengah pot, lalu isi media tanam lagi. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan sedikit air agar tanah memadat.

Perawatan dan Pemeliharaan Lemon Cui

Tabulampot lemon cui ini kebutuhan sinar matahari harus cukup. Kebutuhan penyinarannya setiap hari sekira 5 (lima) jam. Untuk itu, letakkan tabulampot pada posisi yang tidak terlalu teduh lalu lakukan penyiraman secara teratur.

Jika tabulampot lemon cui sudah berumur 3-4 tahun, sebaiknya lakukan repotting. Caranya, pangkas lebih dulu cabang tanaman sebanyak 1/3 nya. Biarkan tanah mengering selama 2-3 hari, tanpa melakukan penyiraman. Angkat tanaman dan buang sebagian tanahnya. Jangan lupa, siapkan pot baru yang ukurannya lebih besar dan tentu saja media tanam baru. Isi pot dengan tanah pengganti, lalu tanamkan lemon cui sekali lagi.

Agar tanaman lemon cui ini dapat berbuah produktif, maka lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali. Pada umur 4 bulan pertama, taburkan NPK sebanyak 25 gram/tanaman. Sesuai dengan bertambahnya umur tanaman, dosis pupuknya bertambah jadi 50 gram, 100 gram, 400 gram, dan seterusnya.

Lakukan pula pemangkasan, selain untuk meningkatkan produktivitas buah, pemangkasan juga dimaksudkan untuk mempercantik penampilan. Idealnya, perbatangan tabulampot lemon cui yaitu 1, 3, dan 9 yang akan menghasilkan 27 cabang atau ranting tersier. Artinya, satu batang pokok setinggi 50-100 cm hanya memiliki tiga cabang primer yang posisinya berimbang (panjang cabang primer 30-50 cm) dan sembilan cabang sekunder. Dengan demikian, cabang atau ranting lainnya dibuang saja. Pembuahan akan terjadi pada ranting-ranting tersier.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa