Cara Menanam dan Merawat Jeruk Sunkist Varigata (Jeruk Peras) Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Jeruk Sunkist Varigata (Jeruk Peras) Dalam Pot Bagi Pemula – Tanaman buah jeruk variegata, lebih tepatnya jeruk sunkist variegata, sunkist varigata (jeruk peras), disebut varigata karena daunnya yang hijau muda disertai belang warna kuning pucat. Buahnya juga variegata karena berbelang hijau, tidak biasa alias unik, bisa jadi hiasan dan tentunya dapat dimakan. Rasanya sama dengan sunkist pada umumnya.

Tanaman buah jeruk sunkist variegata merupakan salah satu varietas dari tanaman buah jeruk yang mengalami mutasi genetik dari jenis jeruk sunkist sebelumnya. Ciri khas tanaman jeruk varigata yaitu memiliki warna buah dan daun yang belang hijau dan kuning (mengapa tanaman ini disebut Variegata). Dengan warna yang unik dan menarik ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah ataupun tanam untuk dikonsumsi.

Jeruk variegata ini berbuah paling tidak ketika berumur 1 tahun. Rasa jeruk varigata terbilang lebih masam dari pada jeruk sunkist yang sudah ada sebelumnya. Jeruk variegata memiliki kadar air yang cukup tinggi dengan jumlah biji yang tidak terlalu banyak.

Bagi yang suka mengoleksi tabulampot (tanaman buah dalam pot), buah yang satu ini rasanya cocok untuk dijadikan koleksi dirumah. Selain perawatan yang tidak terlalu rumit, jeruk sunkist variegata juga mudah dan rajin berbuah.

Dengan rasa yang masam manis menyegarkan dengan dominasi lebih ke rasa asam, membuat buah yang satu ini cocok untuk dijadikan es jeruk dengan ditambahkan sedikit madu atau gula. Jadi bagi yang ingin memenuhi vitamin C.

Cara Menanam Jeruk Sunkist Varigata (Jeruk Peras) Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Varigata (Jeruk Peras)

Pemilihan Bibit Jeruk Varigata

Bibit jeruk varigata bisa diperoleh dari biji atau bibit hasil okulasi dan cangkok. Namun, pembudidaya cenderung lebih memilih bibit hasil okulasi, karena hasil okulasi pembuahan lebih produktif. Bibit jeruk varigata bisa diperoleh dengan membelinya di toko bibit. Pilih bibit yang sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus, bercabang rindang.

Pastikan bibit tanaman jeruk varigata memiliki ketinggian sekitar 30-45 cm dan berumur sekitar 4-5 bulan. Jika bibit kurang atau lebih dari 4-5 bulan bibit tidak memiliki hasil produksi yang optimal.

Cara Menanam Jeruk Sunkist Varigata Dalam Pot

Siapkan pot tanam sesuaikan dengan bibit jeruk sunkist yang akan ditanam. Selain itu, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kimia dan pupuk kandang agar saat disiram air mudah mengalir dengan baik.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Setelah penanaman, letakkan pot pada tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Cara Merawat Jeruk Sunkist Varigata Dalam Pot

Agar tidak mudah roboh, lakukan pemasangan ajir. Ajir dapat dibuat dari bambu yang di belah menjadi beberapa bagian dengan ukuran 1,5 meter. Agar tanaman tumbuh dengan cepat, subur, sehat dan tidak rentan terkena penyakit, maka lakukan pemupukan. Pemupukan ini bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang/kompos ataupun pupuk NPK.

Rajinlah memberi hormon perangsang buah pada tanaman jeruk varigata. Pemberian hormon perangsang buah bisa membuat tanaman lebih cepat dalam pemrosesan buah. Hasil buah yang lebih baik, lebih padat dan rasanya segar lebih manis. Pemberian hormon perangsang buah ini bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman jeruk varigata. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan, lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering atau tidak perlu.

Demikian artikel tentang “Cara Menanam dan Merawat Jeruk Sunkist Varigata (Jeruk Peras) Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa