Panduan Lengkap Cara Menanam Mawar Cabutan Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Mawar Cabutan Bagi Pemula – Mawar adalah salah satu jenis tanaman berbunga berupa herba dengan batang berduri. Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak dari genus Rosa. Menurut Sejarah, bunga hias mawar ini berasal dari dataran China, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Mawar
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Rosoideae
Genus: Rosa

Banyak orang menyukai bunga ini, bung mawar sangat indah dengan warnanya yang sangat beragan ada yang merah, putih, pink (merah muda), hitam, hijau, kuning, ungu, biru atau perpaduan dari beberapa warna. Selain indah, bunganya juga harum. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin menanam bunga ini untuk dijadikan tanaman hias dirumah, baik dipekarangan atau teras depan rumah. Bunga mawar ini dapat ditanam dengan 2 cara yaitu memlaui biji dan juga stek.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga mawar berupa bibit cabutan, bagaimana cara menanam mawar cabutan? Berikut selengkapnya:

Cara Menanam Mawar Cabutan Bagi Pemula

Berikut cara penanaman mawar cabutan (tanpa tanah):

1. Pertama, bongkarlah bibit mawar secara cabutan atau tanpa tanah.Kemudian, potong sebagian batang mawar begitu juga cabang-cabangnya, agar tanaman menjadi perdu, maka sisakan sekitar 20-25 cm. Potong dengan gunting sebagian akar tanaman mawar, selanjutnya rendam bibit mawar secara cabutan dalam air. Atau bisa juga menggunakan larutan Zat Pengatur Tumbuh, misalnya Dekamon 1-2 cc/liter selama 15-30 menit.

2. Setelah itu, bibit mawar ditanam dan atur akarnya menyebar ke semua arah. Lalu, timbun dengan tanah sampai batas pangkas batang tanaman mawar. Tanah di sekeliling tanaman dipadatkan agar akar bibit tanaman dapat kontak langsung dengan air tanah.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar Rainbow

3. Lakukan penyiraman pada tanah hingga basah atau tidak menggenang. Kemudian pasang naungan untuk melindungi tanaman mawar dari teriknya sinar matahari.

Penanaman bibit mawar dari polybag memiliki cara yang berbeda dengan bibit mawar cabutan. Cara penanaman bibit mawar dari polybag, yakni:

1. Pertama, bongkar bibit mawar dari polybag.Selanjutnya, pindahtanamkan bibit tersebut bersama akarnya. Media di dalam polybag berisi bibit mawar disiram air hingga cukup basah.

2. Balikkan posisi polybag dengan tujuan agar bibit mawar terangkat bersama tanah. Untuk polybag berukuran besar, bibit dikeluarkan denga cara menyobek polybag tersebut.

3. Selanjutnya, tanam bibit ke dalam lubang yang telah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, tanam bibit mawar dari polybag di tengah lubang tanah.

4. Kemudian, timbun tanah dan padatkan pelan-pelan lalu siram tanah pada sekitar area perakaran tanaman, tetapi jangan sampai menggenang.

Demikian pembahasan tentang penanaman bunga mawar cabutan semoga bermanfaat.