Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Pepaya (Carica papaya) atau betik adalah tumbuhan berbuah yang berasal dari genus Carica yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, namun kini sudah tersebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Pohon pepaya memiliki percabangan yang sedikit bahkan tidak ada, tumbuhan ini tumbuh dengan ketinggian 5-10 meter, daun pepaya menyirip lima dengan bagian tangkai yang panjang dengan bagian tengah berlubang, bentuknya bisa memiliki cangap atau tidak tapi biasanya pepaya kultivar memiliki cangap di bagian dalam. Bentuk buah pepaya bulat atau memanjang dengan ujung biasanya meruncing, warna buahnya berwarna hijau tua saat muda dan berwarna hijau muda hingga kuning.

Karena tumbuhan pepaya merupakan tanaman monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin yaitu tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh pepaya betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya banci. daging buahnya berwarna kuning hingga merah tergantung pada spesiesnya, daging tersebut terbentuk dari karpela yang menebal. Pada bagian tengah buah berongga dengan biji berwarna hitam yang berlapis lendir untuk mencegah kekeringan.

Kandungan buah pepaya diantaranya yaitu folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat,
fiber3, vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, serta lycopene.

Klasifikasi Ilmiah Pepaya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Brassicales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: C. papaya

Cara Menanam Pepaya Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Persiapan Benih Pepaya

Biji pepaya untuk bibit dipilih dari buah pepaya yang sudah matang lalu keluarkan bijinya. Setelah itu, bersihkan biji tersebut dengan bersih dan memasihkan biji dari kulit luarnya. Jika sudah bersih, biji tersebut dikeringkan lagi di tempat yang teduh.

Jika biji sudah siap, sebelum disemai maka rendam terlebih dahulu biji tersebut dengan larutan POC NASA 2 cc/liter selama sekitar 1-2 jam, lalu biji tersebut ditiriskan. Setelah itu, diberikan Natural GLIO dengan cara ditaburi lalu semaikan biji pada polybag yang berukuran 20 x 15 cm dengan media tanam berupa tanah; pupuk kandang yang telah matang dan sudah diayak; 50 gram TSP yang telah dihaluskan dan 30 gram Natural GLIO.

Semai bibit dalam lubang tanam yang dibuat sedalam 1 cm dan dengan jarak semai sekitar 5-10 cm. Dalam 1 lubang tanam diisi 1 biji.

Lakukan penyiraman pada bibit setiap hari dan biasanya bibit akan mulai tumbuh tunas ketika mencapai usia 12 – 15 hari.

Jika bibit pepaya sudah berumur 45 – 60 hari dan mencapai ketinggian 15-20 makasebaiknya bibit dipindahkan. Pemindahan bibit sebaiknya diakukan pada awal musim penghujan.

Persiapan Lahan Tanam Pepaya

Lahan tanam yang digunakan untuk penanaman tanaman pepaya sebaiknya dibersihkan dari rumput, semak dan berbagai kotoran yang ada di sekitar lahan. Selanjutnya, tanah digemburkan dengan menggunakan cakul agar racun dari tanah dikeluarkan dan terjadinya perputaran oksigen pada media tanam.

Setelah membersihkan lahan , selanjutnya buatlah bedengan dengan lebar ukuran sekitar 2-2,5 meter dan tinggi 20-30 cm dan panjangnya menyesuaikan lahan tanam. Jarak antar bedengan dibua sekitar 60 cm. Setelah itu, buatlah lubang tanam di atas bendengan dengan ukuran 50 x 50 x 40 cm dan jarak antar lubang tanam dibuat sekitar 2 x 2.5 meter/tanaman. Kemudian isi lubang dengan tanah yang sebelumnya telah dicampur dengan gabungan 3 tempat pupuk organik yang telah matang.

Penanaman Tanaman Pepaya

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan lalu tutup kembali dan sedikit padatkan. Jika sudah lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media tanam.

Masa Panen Pepaya

Pemanenan pepaya dapat dilakukan setelah tanaman berumur 9-12 bulan. Buah pepaya bisa dipanen selama 10 hari sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa