Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula – Rumput Timothy atau Timothy Grass (Phleum Pretense) merupakan tanaman yang berasal dari Eropa, Afrika Utara dan Asia Tengah. Rumput timothy ini juga sering digunakan sebagai pakan ternak seperti domba dan lainnya atau hewan peliharaan seperti kelinci dan lain sebagainya. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik di berbagai iklim bahkan wilayah yang sangat dingin. Orang yang pertama kali mempopulerkan rumput ini sebagai padang rumput pada Tahun 1700an yaitu Timothy Hanson.

Klasifikasi Rumput Timothy
Domain: Eukaryota
Kingdom: Plantae
Filum: Spermatophyta
Sub Filum: Angiospermae
Kelas: Monocotyledonae
Ordo: Cyperales
Keluarga : Poaceae
Genus: Phleum
Spesies: Phleum pratense

Cara Menanam Rumput Timothy

Persiapan Bibit Rumput Timothy

Rumput Timothy berkembang biak terutama dengan biji, yang bsa tetap disimpan kira-kira 4-5 tahun dalam keadaan dingin, kering. Proses kecambah tidak membutuhkan siklus suhu atau cahaya berulang, tapi mungkin lebih lambat. Rumput ini juga bisa berkembang secara vegetatif melalui tillering atau lebih dikenal dengan stek.

Persiapan Lahan Tanam dan Penanaman Rumput Timothy

Lokasi tanam rumput timothy dipilih yang agak teduh dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Pilih lahan dengan tanah yang berpasir ataupun tanah liat.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam rumput timothy diolah terlebih dahulu. Bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, setelah itu gemburkan tanah pada lahan tanam dengan cara di cangkul atau dibajak, jika ph tanah tidak sesuai dengan ketentuan yaitu 6,5-7,0 maka dapat dilakukan pengapuran terlebih dahulu.

Waktu yang umum untuk melakukan penanaman rumput timothy yaitu saat musim semi dan musim panas. Cara menebar benih yang benar harus mencakup sekitar satu setengah dari keseluruhan luas permukaan tanah. Kedalaman benih tidak melebihi setengah inci. Jaga Kelembaban tanah dengan menyiram sedikit demi sedikit hingga benih tumbuh berkecambah. Pembenihan sebaiknya dilakukan pada musim semi atau akhir musim panas atau bisa juga dilakukan pada awal musim gugur.

Cara Merawat Rumput Timothy

Pada masa kekeringan atau kelembaban kurang, rumput tidak boleh terkena injak karena pendeknya akar. Selain itu, akarnya yang halus sangat sensitif pada masa ini. Untuk menghindari serangan hama, maka bisa menyemprotkan pembasmi hama yang tidak beracun. Kumbang, belalang dan serangga lainnya merupakan hama yang paling sering merusak Timothy. Penyemprotan tersebut dilakukan sebulan sekali dan hindari menggunakan pembasmi serangga yang beracun karena sangat berisiko. Pada musim semi, berikan pupuk yang kaya nitrogen dan sekali lagi setelah panen.

Panen dan Pasca Panen Rumput Timothy

Untuk mendapatkan hasil yang baik, panen pada saat awal rumput mulai berbunga. Timothy dapat dipanen setelah 30-40 hari setelah panen pertama dilakukan.

Setelah dipanen, untuk diproses menjadi bahan pakan, rumput timothy harus memiliki kadar air 12% atau kurang. Biasanya produsen pakan akan menggunakan alat untuk mengukur kelembaban untuk memastikan apakah sudah kering. Untuk mengurangi kelembaban sehingga bisa kering dengan sempurna dan tepat kelembaban bisa dilakukan dengan menggunakan microwave.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post