Cara Menanam Wortel Secara Hidroponik Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Wortel Secara Hidroponik Yang Baik dan Benar Bagi Pemula – Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan biennial atau tumbuhan yang menyelesaikan satu kali siklus hidupnya dalam waktu 2 tahun atau kurang yang berasal dari genus Daucus. Tumbuhan ini memiliki batang bunga yang dapat tumbuh tinggi berkisar 1 meter, memiliki bunga berwarna putih, dan bagian yang dapat dimakan dari tumbuhan ini adalah umbinya yang memiliki rasa manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Klasifikasi ilmiah Wortel
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Daucus
Spesies: Daucus carota

Wortel bisa dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Atau bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Wortel memiliki banyak manfaat, adapun manfaat wortel bagi kesehatan diantaranya yaitu baik untuk kesehatan mata, menurunkan risiko stroke, apat mencegah cacat dan kematian akibat stroke serta dapat mencegah kanker.

Cara Menanam Wortel Secara Hidroponik

Syarat Tumbuh  Wortel

Wortel dapat tumbuh di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl-1500 mdpl, memiliki tanah gembur, mengandung banyak unsur hara dan subur dengan pH sekitar 6-7 jika pH kurang dari 5 lakukan pengapuran dengan dolomit, serta bersuhu udara dingin serta lembab.

Media Persiapan Plant

Siapkan bahan yang akan digunakan sebagai media tanam berupa tanah berpasir atau sekam dan memilih yang sehat tanaman wortel sayuran dan kualitas. Benih wortel menabur dalam wadah tumbuh wortel ukuran sedang yang telah diolah. Pastikan lakukan penyiraman air secara teratur untuk menjaga media tanam dipertahankan kelembaban.

Metode Penanaman Hidroponik

Jika benih wortel tumbuh dan terlihat bagian akar wortel dan batang daun dan merasa kuat, sehingga bibit wortel dapat dibersihkan dan dihapus, benih wortel ditempatkan metode hidroponik bertenaga dengan sistem infus. Wortel media tanam yang digunakan yaitu bisa menempatkan fragmen batu bara, kayu atau bola keramik.

Perawatan Wortel Hidroponik

Pastikan semua kebutuhan tanaman wortel hidroponik mulai dari nutrisi hidroponiknya, air hingga sinar matahari selalu terpenuhi.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Wortel Secara Hidroponik Yang Baik dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa