Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Buah Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman BuahLalat Buah (Bactrocera spp) menjadi musuh utama para petani holtikultura khusunya pada budidaya tanaman buah. Serangan hama lalat ini menyebabkan buah rontok sebelum masak, dan membuat kualitas buah menurun. Jika serangan hama lalat buah tidak dilakukan dengan tepat, dapat menyebabkan kerugian petani karena buah gagal panen. Untuk itu, kali ini kita akna membahas secara tepat cara mengatasi hama lalat buah pada tanaman buah paling ampuh dan mencegah kerugian.

Terdapat beberapa cara paling ampuh untuk menghentikan serangan lalat buah pada komoditas perkebunan buah, seperti melakukan perawatan secara mekanis dan secara teknis, keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Sebenarnya hama lalat buah memiliki musuh alami yaitu semut, kumbang, dan kepik. Namun, karena jumlah populasinya yang kurang dan cenderung menimbulkan masalah batu, keberadaan musuh alami tersebut kurang diandalkan untuk mengatasi masalah hama lalat buah. Untuk itu berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hama lalat buah pada tanaman buah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah

1. Gunakan Perangkap Dengan Umpan Metil Eugenol

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hama lalat buah yaitu dengan menggunakan perangkap lalat buah. Anda bisa membuat perangkap lalat buah menggunakan alat sederhana dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Seperti menggunakan botol bekas yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga membuat lalat buah masuk kedalam perangkap dan sulit untuk keluar.

Untuk menarik lalat masuk ke perangkap dibutuhkan senyawa yang disebut Metil Eugenol . Senyawa tersebut mengeluarkan aroma khas yang sangat disukai lalat buah sehingga akan menarik lalat buah mendekat dan masuk perangkap. Contoh produk metil eugenol misalnya petrogenol, ocimol atau melanol. Selain metil eugenol terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai penarik perhatian lalat buah, antara lain buah timun atau buah semangka.

Baca Juga :  Cara Pengendalian Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Mentimun

2. Menggunakan Lem Perangkap

Lalat buah juga tertarik terhadap suatu benda berwarna kuning, seperti botol berwarna kuning dan benda lain berwarna kuning. Cara selanjutnya untuk mengatasi hama lalat buah bisa dilakukan dengan menggunakan benda berwarna kuning yang diolesi dengan lem sehingga membuat lalat yang hingga akan lengket dan terperangkap. Contoh produk lem yang digunakan seperti : metilat, leila, hogy.

3. Menggunakan Selambu

Cara ini bisa anda lakukan pada tanaman buah skala rumahan, bukan skala budidaya. Pada skala kecil, penggunakan selambu sangat efektif untuk mencegah serangan hama lalat buah. Tapi pada skala budidaya, penggunaan selampu malah menyebabkan masalah baru, karena penggunaan selambu membutuhkan dana yang cukup besar. Dan muncul masalah pada saat tanaman memasuki masa penyerbukan, selambu akan menghalangi serangga penyerbuk untuk mendekati tanaman.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

4. Lakukan Pembungkusan Buah

Cara selanjutnya untuk mengatasi hama lalat buah yaitu dengan melakukan pembungkusan buah. Lakukan pembungkusan pada buah pada usia buah 1,5 bulan atau sudah mendekati masa masak untuk mencegah peletakan telur lalat buah.

Alat untuk membungkus buah biasanya menggunakan plastik hitam atau kertas karbon, atau alternatif lain seperti daun pisang, daun jati, atau bahkan kain. Sedangkan pada buah berukuran besar seperti buah nangka, biasanya petani menggunakan karung bekas, kertas semen, juga anyaman daun kelapa. Syarat utama alat pembungkus buah yaitu berwarna gelap, kuat, dan mampu menjaga kelembapan buah di dalamnya.

Baca Juga : Gejala dan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Durian

5. Lakukan Teknik Pengasapan

Pengasapan bertujuan untuk mengusir lalat buah dari perkebunan. Cara sederhana pengasapan dapat dilakukan dengan membakar jerami atau sisa daun hingga keluar bara, lalu matikan dan tutup bara tersebut menggunakan kayu yang lembab.

Teknik pengasapan ini efektif untuk menjauhkan hama lalat buah pada perkebunan selama 3 hari kedepan, sedangkan jika proses pengasapan berlangsung hingga lebih dari 13 jam, maka akan membunuh lalat buah yang tidak sempat menyingkir.

6. Gunakan Perangkap Dengan daun Selasih

Daun selasih memiliki aroma yang sangat digemari oleh lalat buah. Karena itu anda bisa memanfaatkan daun selasih untuk memancing lalat buah masuk ke dalam perangkap yang anda buat. Berikut ini cara membuat perangkap lalat buah menggunakan daun selasih yaitu ambil daun selasih sebanyak 10-20 lembar, cincang daun selasih, lalau masukkan ke dalam kain strimin dan letakkan pada kotak perangkap.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama Penyakit pada Tanaman Anggur

7. Lakukan Penyortiran Buah Saat Panen

Pada saat panen, lakukan penyortiran buah untuk memisahkan kualitas buah dan ukuran buah. Pisahkan buah yang terserang hama lalat buah, karena buah yang sudah terinfeksi bakteri menyebabkan penularan penyakit semakin mudah.

Bakar buah yang terserang hama untuk membunuh lalat buah, Hindari proses pemendaman, karena mengakibatkan penyakit semakin menyebar luas serta meningkatkan potensi wabah penyakit pada lahan budidaya.

8. Gunakan Insektisida Kimia

Pada skala besar atau luas, penggunakan insektisida kimia bisa dilakukan untuk mengatasi hama lalat buah pada tanaman buah. Beberapa jenis bahan aktif yang bisa digunakan untuk mengendalian lalat buah seperti dimetoat, profenofos dan metomil.

9. Pengendalian Secara Teknis

Pengendalian secara teknis lalat buah dapat dilakukan dengan cara membalik tanah dibawah pohon agar pupa lalat buah didalam tanah dapat terangkat dan mati oleh sinar matahari.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Alpukat

Gejala Serangan Hama Lalat Buah

Hama lalat buah bisa menyerang berbagai tanaman buah apa saja, seperti hama lalat buah pada Cabai, Jeruk, mangga, semangka, jambu, tomat, belimbing dan berbagai jenis buah lainnya. Hama lalat buah ini menyerang pada fase larva. Gejala serangan ditandai dengan adanya noda/titik bekas tusukan ovipositor (alat peletak telur) lalat betina saat meletakkan telurnya ke dalam buah. Selanjutnya telur yang ditusukkan akan berubah menjadi larva yang mengganggu pertumbuhan buah, hingga menyebabkan noda/titik berkembang menjadi bercak coklat di sekitar titik tersebut. Larva tersebut bisa bertahan hidup dengan memakan daging buah hingga menyebabkan buah menjadi busuk dan rontok sebelum matang.

Itulah beberapa tips Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Buah Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.