Panduan Lengkap Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar Bagi Pemula – Ikan Koi (Cyprinus carpio) adalah jenis ikan hias ini termasuk dalam ikan mas (Cyprinus carpio) yang memiliki corak yang sangat indah pada tubuhnya. Ikan ini berasal dari Jepang yang pada awalnya ikan ini digunakan sebagai ikan konsumsi namun sekarang ikan koi digunakan sebagai ikan hias karena warna dan coraknya yang indah dan beragam. Ikan Koi berkerabat dekat dengan ikan mas sehingga banyak masyarakat indonesia menyebut Ikan Koi dengan nama Ikan Mas Koi. Ikan Koi dibedakan berdasarkan warna,ukuran serta pola pada tubuhnya. Biasanya warna ikan koi ada yang bercorak putih, hitam, kuning, oranye,biru,merah, dan krem.

Klasifikasi Ikan Koi
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio

Ada banyak jenis ikan koi diantaranya yaitu Ikan Koi Kohaku, Ikan Koi Showa Sanshoku dan lain sebagainya. Ikan koi menjadi jenis ikan yang memiliki ukuran besar dan biasanya berkoloni sehingga perlu dipelihara di dalam kolam. Agar ukuran koi maksimal, berikut cara memelihara ikan koi agar cepat besar, diantaranya yaitu:

Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar Bagi Pemula

Selalu Perhatikan Kualitas Air

Pertumbuhan ikan koi akan berjalan dengan lambat saat air kolam tidak pernah dibersihkan dan terlihat sangat kotor. Lakukan pembersihan kolam secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kualitas dari air sehingga pertumbuhan ikan koi di dalamnya berjalan dengan baik. Parameter yang perlu diperhatikan dari kualitas air kolam diantaranya seperti tingkat keasaman, kekeruhan kolam, adanya cemaran berbahaya dan juga suhu.

Berikan Pakan dan Tambah Vitamin Pelengkap

Koi adalah jenis hewan omnivora yang harus seimbang pemberian pakannya dengan jenis beragam dan tentunya bernutrisi tinggi. Pemberian pakan ikan koi dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari dan ketika cuaca sedang dingin maka ikan akan makan lebih sedikit sehingga cukup dua kali sehari. Pemberian pakan yang berlebihan bisa menyebabkan ikan stres dan menganggu kualitas air kolam.

Pastikan Ikan Koi Tidak Stres Dalam Kolam

Salah satu faktor yang menyebabkan ukuran ikan koi tidak besar besar yaitu karena kondisi stres dan tidak nyaman yang dirasakan oleh ikan koi di dalam kolam. Selain memperhatikan kualitasnya, cara memelihara ikan koi agar cepat besar lainnya dengan memastikan bahwa ikan selalu memiliki tingkat kesenangan dan kenyamanan yang cukup juga terhindar dari stress. Ada beberapa langkah menjaga kenyamanan kolam selain memastikan kualitas air terjaga diantaranya membersihkan kolam setiap saat, menyeimbangkan antara ukuran kolam dengan jumlah ikan di dalamnya, segera mengkarantina ikan yang bermasalah dan lain sebagainya.

Memberikan Aksesoris Dalam Kolam

Koi memang bisa dipelihara dalam kolam maupun akuarium tapi kebanyakan kolam masih menjadi pilihan utama. Aksesoris dalam kolam ternyata juga cukup ikut andil dalam menjadikan bibit unggul ikan koi bisa tumbuh dengan besar. Beberapa aksesoris yang bisa ditambahkan dalam ikan koi diantaranya filter, air mancur hingga bebatuan yang juga akan memberikan nilai estetika lebih dari rumah dengan kolam ikan koi.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar Bagi Pemula“, Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa

Rate this post