Panduan Lengkap Cara Stek Alpukat Bagi Pemula Agar Berhasil dan Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Stek Alpukat Bagi Pemula Agar Berhasil – Alpukat atau Apukat atau Avocad merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Alpukat berasal dari famili Lauraceae dan genus Persea dengan nama latin Persea americana. Alpukat memiliki pohon dengan ketinggian dapat mencapai sekitar 20 meter, daunnya memiliki panjang sekitar 12-25 cm.

Baca Juga : Cara Budidaya Alpukat

Buah alpukat bertipe buni dengan biji berukuran 5-6,4 cm didalamnya, kulit buahnya berwarna hijau tua sampai ungu kecokelatan tergantung varietasnya serta permukaannya tidak rata. Daging buahnya bertekstur lembut dengan warna kuning muda pada bagian dekat biji dan berwarna hijau muda dibagian dekat kulit buah.

Alpukat memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mencegah risiko terkena penyakit stroke, dapat menjaga kesehatan mata, dapat membantu mengobati sakit maag, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk membudidayakan tanaman alpukat diawali dengan pembibitan atau perbanyakan tanaman, salah satu pembibitan yang banyak dilakukan adalah stek batang. Nah kali ini kita akan membahas cara stek alpukat menggunakan perangsang alami berupa lidah buaya, berikut selengkapnya:

Baca Juga : Cara Menanam Alpukat Mentega

Cara Stek Alpukat Bagi Pemula Agar Berhasil

Persiapan Alat dan Bahan Stek Alpukat

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk stek tanaman alpukat diantaranya yaitu:

  • Ranting atau dahan alpukat yang sehat dan terhindar dari serangan hama dan penyakit.
  • Media tanam stek berupa campuran tanah/tanah berpasir dan kompos.
  • Wadah media tanam berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya.
  • Daun lidah buaya.
  • Air untuk menyiram.
  • Plastik transparan untuk menyungkup.

Baca Juga : Tabulampot Alpukat

Langkah-Langkah Penyetekan Alpukat

Pertama, campurkan media tanam berupa tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1, aduk hingga merata. Kemudian, masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya.

Setelah itu, potong batang/ranting alpukat yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20cm, runcingkan ujungnya. Potong daun lidah buaya secukupnya kurang lebih sekitar 5 cm. Kemudian, tancapkan batang yang sudah diruncingkan tadi pada potongan daun lidah buaya dan jangan dilepaskan.

Selanjutnya, tanam batang stek beserta potongan daun lidah buaya yang masih tertancap dengan cara membuat lubang tanam pada media tanam terlebih dahulu, lalu tutup kembali setelah batang stek ditanam, padatkan media agar batang stek tertanam erat dan tidak mudah goyah, kemudian siram secukupnya dan sungkup menggunakan plastik transparan dan ikat menggunakan karet, kemudian simpan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari.

Baca Juga : Cara Budidaya Mangga Alpukat

Setelah stek batang alpukat berumur sekitar 6 minggu, maka batang stek akan mulai tumbuh tunas dan plastik sungkup sudah dapat dibuka.

Demikian pembahasan tentang cara stek batang alpukat bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya, sampai jumpa