Panduan Lengkap Cara Stek Anggur Yang Benar Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Stek Anggur Yang Benar Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Anggur adalah buah yang berasal dari tanaman perdu merambat yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tumbuhan buah ini berasal dari Armenia dan dibudidayakan di timur tengah sejak 4000 SM.

Baca Juga : Cara Menanam Anggur Dari Biji

Buah anggur memiliki banyak varian warna seperti merah, ungu, kuning, hijau dan lainnya. Buah ini banyak mengandung senyawa yang berperan aktif proses metabolisme tubuh dan mampu mencegah sel kanker dan penyakit lain terbentuk. Selain itu, buah anggur juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain dimakan langsung biasanya anggur dapat diolah menjadi jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.

Klasifikasi Ilmiah Anggur
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Vitales
Famili: Vitaceae
Genus: Vitis L.

Anggur adalah tanaman buah perdu dari jenis vitaceae yang merambat. Manfaat anggur diantaranya yaitu:

Baca Juga : Cara Menanam Anggur Hijau

  • Untuk dikonsumsi sebagai jus anggur, minuman anggur, jelly, kismis dan biasa dimakan langsung.
  • Kandungan resvetarol dan polifenol pada anggur untuk melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan aliran darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung.
  • Kandungan senyawa antioksidan berguna untuk menangkal dari radikal bebas.
  • Kandungan senyawa flavonoid bisa menurunkan trigliserida dan meningkatkan produksi lemak baik dalam darah.

Cara Stek Anggur Yang Benar Agar Cepat Berbuah

Syarat Tumbuh Budidaya Anggur

Sebelum melakukan stek tanaman anggur, perlu dikatahui iklim yang sesuai untuk menanam anggur. Berikut adalah syarat tumbuh yang sesuai untuk budidaya anggur

  • Anggur merupakan tanaman yang biasa hidup pada daerah dataran rendah.
  • Tanaman berbuah manis justru membutuhkan kondisi kemarau yang cukup panjang mulai dari 4-7 bulan agar bisa tumbuh dengan sempurna.
  • Curah hujan yang dibutuhkan tanaman anggur ini hanya 800 mm tiap tahunnya. Selain itu, tanaman anggur membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup besar.
  • Temperatur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mulai dari 23 derajat celcius hingga 31 derajat celcius.
  • Tingkat kelembaban udara berkisar antara mulai dari 75-80%.

Baca Juga : Cara Budidaya Anggur Merah

Persiapan Media Tanam Anggur

Syarat media tanam yang baik untuk menanam anggur diantaranya yaitu:

Tanah yang digunakan untuk dijadikan media tanam umumnya tanah yang berlempung dan berpasir dengan komposisi sesuai agar tanaman anggur tidak mengalami transpirasi berlebih, yaitu hilangnya jumlah air yang berlebihan dalam bentuk uap air.

Selain kondisi air, tanah yang digunakan sebagai media pertumbuhan harus subur dan permukaannya harus gembur agar mendapat pasokan udara dan nutrisi yang baik.

Tanah lahan tanam juga harus memiliki derajat keasaman (pH) yang netral yaitu 7.

Baca Juga : Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot

Persiapan Stek Anggur

Untuk melakukan stek anggur, perhatikan beberapa ketentuan atau spesifikasi batang yang bagus. Pilih batang dengan diameter minimal menyamai diameter bolpen dan semakin besar semakin bagus; berkayu dan berwarna coklat.

Jika sudah ditentukan, potong batang minimal sepanjang 20 cm tapi semakin panjang maka semakin bagus. Potong bagian atas batang secara miring satu atau 2 cm dari mata tunas. Potong bagian bawah batang secara mendatar tepat di mata tunas.

Merangsang Batang Anggur Tumbuh Tunas

Cari botol plastik bekas lalu belah, kemudian masukkan air setinggi 2-3 centimeter. Jangan gunakan air PDAM atau ledeng. Selanjutnya, simpan 1-4 minggu hingga muncul tunas.

Jangan lupa, agar selalu mengganti air tiap 2-3 hari sekali untuk membersihkan jamur dan bakteri yang mungkin berkembang di dalam air. Jamur dan bakteri ini berpotensi menyebabkan pembusukan akar.

Baca Juga : Cara Budidaya Anggur

Penanaman Stek Batang Anggur

Jika batang stek sudah tumbuh, selanjutnya lakukan penanaman, caranya yaitu:

Tancapkan stek yang sudah bertunas dan berakar ke tanah. Letakkan bibit di tempat yang terpapar matahari pagi agar pertumbuhan cepat. Kemudian, padatkan tanahnya agar stek bisa berdiri kokoh.

Setelah itu, lakukan penyiraman pada tanaman hingga basah danpenyiraman tersebut dapat dilakukan 2-3 hari sekali.

Demikian pembahasan tentang cara stek anggur yang benar bagi pemula agar cepat berbuah, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa