Cara Stek Pohon Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil

Posted on

Cara Stek Pohon Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil РPutsa atau Apel India  atau yang bernama latin Ziziphus Mauritiana Lam adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari India yang memiliki buah seperti tomat belum masak tapi rasanya manis, renyah seperti apel, berukuran kecil yaitu sekitar 5 cm.

Apel india sendiri termasuk kedalam kelompok rhamnaceae. Biasanya, pohon putsa atau buah apel india bisa mencapai ketinggian 12 meter.

Diameter buah apel india atau putsa ini mencapai 3-5 cm. Meski kulitnya bewarna kehijau-hijauan, tapi rasa daging buah yang dihasilkan tetap manis.

Tanaman apel India ini dapat tumbuh diberbagai kondisi. Di Indonesia, tanaman putsa atau apel India sulit didapatkan, jika ada harganya sangat tinggi bisa mecapai 100 ribuan per bibit.

Cara Stek Pohon Apel India atau Putsa Bagi Pemula

Persiapan Indukan Stek Apel India

Pohon indukan yang akan digunakan untuk perbanyak bibit putsa haruslah pohon yang dewasa, tidak memiliki penyakit dan unggulan. Karena, nantinya hasil dari stek ini akan lebih banyak membawa sifat asli dari indukan daripada harus mengembangkannya dengan cara menanam biji.

Persiapan Alat dan Bahan Stek Apel India

Alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan stek tanaman apel India atau putsa ini diantaranya yaitu:

  • Pisau yang tajam untuk memotong ujung ranting/batang tanaman yang akan distek.
  • Zat perangsang tumbuhnya akar agar lebih mudah mendapatkan akar baru pada tanaman hasil stek.
  • Polybag atau pot untuk menampung media tanam dan hasil pemotongan stek batang yang akan dijadikan sebagai tempat tumbuh.
  • Media tanam berupa campuran tanah humus dan kompos.

Pemilihan Batang Stek Apel India

Usahakan batang yang dipilih sebagai bibit tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Pastikan cabang yang dipilih sehat dan tidak terkena infeksi apapun. Jika sudah dipilih, selanjutnya potong cabang yang berada di bagian pangkal dengan pisau yang tajam, potong cabang secara melintang dan pastikan tidak terlalu melukai bagian dalam batang tersebut.

Potong bagian pangkal cabang sebanyak mungkin untuk bisa memperbanyak bibit pohon apel india. Jika bibit stek batang diperoleh, selanjutnya rendam hasil potongan cabang menggunakan larutan untuk meransang pertumbuhan akar.

Penanaman Calon Bibit Apel India

Setelah direndam dengan zat perangsang akar, selanjutnya lakukan penanaman di dalam polybag atau pot. Masukkan media tanam berupa campuran tanah humus dan kompos dalam pot atau polybag lalu tanamkan calon bibit stek batang yang disiapkan.

Setelah calon bibit pohon apel india ditanam, letakkan di tempat yang teduh. Jangan langsung tempatkan di area terbuka yang mendapatkan sinar matahari langsung dan mendapatkan air hujan. Kontrol kebutuhan air bibit dengan cara menyesuaikan penyiraman dengan kondisi media tanam agar tidak membusuk dan berjamur. Selanjutnya tunggu hingga muncul tunas baru.

Perawatan Bibit Stek Apel India

Setelah tunas baru muncul, lakukan perawatan dengan baik. pastikan penyiraman yang dilakukan tidak berlebihan. Jika bibit sudah cukup besar bisa di pindah tanamkan ke lahan tanam yang lebih besar dan pastikan lakukan pemangkasan pucuk jika sudah terlalu lebat.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Stek Pohon Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa