Cara Membasmi Hama Lalat Buah pada Tanaman Paling Ampuh

Posted on

Cara Membasmi Hama Lalat Buah pada Tanaman – Lalat Buah atau nama latin Bactrocera spp adalah salah satu hama yang menyebabkan banyak kerugian pada tanaman holtikultura yang banyak dibudidayakan seperti pada tanaman, semangka, melon, cabe, jeruk, mangga, jambu, belimbing, nangka dan tanaman holtikultura lainnya. Hama lalat buah dikenal sebagai hama perusak karena menyebabkan buah akan membusuk. dan jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan banyak kerugian. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara membasmi lalat buah pada tanaman untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh.

Lalat buah menyerang tanaman dan buah dengan menyengat buah guna meninggalkan telurnya didalam buah tersebut. Sehingga setelah menetas, larva akan hidup dengan cara memakan daging buah sehinga buah menjadi busuk. Jika demikian, maka akan mengakibatkan penurunan produktivitas buah, kualitas buah menurun, kegagalan pasca panen, buah berjatuhan, menjadi abnormal dan bahkan mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan pertumbuhan lambat serta menyebabkan kerugian bagi petani. Untuk itu cari tahu Cara Membasmi Hama Lalat Buah pada Tanaman Paling Ampuh dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jeruk dan Cara Pengendaliannya

Gejala Hama Lalat Buah

Buah yang terserang hama lalat buah dapat mengakibatkan buah terdapat lubang kecil dan berwarna kehitaman, biasanya lubang tersebut digunakan untuk perkembang biakan lalat buah atau penempatan larva anakan lalat buah.

Biasanya hama lalat buah menyerang tanaman yang sudah berbuah matang, karena memiliki perdagingan buah yang cukup lunak sehingga bisa dengan mudah dimanfaatkan sebagai tempat perletakan larva atau anak dari lalat buah hingga menetas.

Kerusakan hama lalat buah bisa mengakibatkan buah menjadi abnormal, pembusukan dan menyebabkan buah gugur.

Baca Juga : Teknik Menanam Jeruk Manis Dalam Pot

Cara Membasmi Hama Lalat Buah

Berikut ini beberapa cara membasmi hama lalat buah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama lalat buah pada tanaman.

  • Lakukan pengumpulan buah yang tidak bisa dipanen karena lalat buah, dengan cara penyortiran untuk memutuskan siklus dari lalat buah disekitar tanaman.
  • Lakukan pembungkusan buah mulai dari umur 1,5 bulan untuk pencegahan peletakan telur lalat buah.
  • Lakukan pengasapan untuk mengusir lalat buah yang ada dalam lahan atau sekitar tanaman.
  • Buat perangkap lalat buah, biasanya bisa dengan menggunakan bahan pemikat lalat buah.
  • Jika sudah muncul gejala lalat buah pada tanaman, maka anda bisa gunakan pestisida kimia berbahan sintetik, misalnya Deltametrin, Beta siflutrin, dan imidakloprid.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Jamur Tiram 

Itulah beberapa tips Cara Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jeruk dan Cara Pengendaliannya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.