Kegunaan Micin untuk Menyuburkan Tanaman Yang Tidak Banyak Diketahui

3 min read

Bagi kebanyakan orang pasti merasa aneh jika mengetahui jika micin dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Yang mereka ketahui jika micin hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan yang bisa menambah rasa masakan menjadi lebih sedap dan lezat, hal ini karena micin memiliki kandungan gula dan garam sehingga bisa digunakan untuk menguatkan rasa masakan.

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) adalah jenis garam natrium atau sodium berbentuk kristal yang terbuat dari asam glutame dan jika dikonsumsi setiap hari tidak berbahaya asal tidak digunakan secara berlebihan. Beberapa merk micin yang banyak ditemui dipasaran seperti merk sasa, miwon, ajinomoto dan lain-lain.

Ketika dicicipi secara langsung, Micin atau MSG tidak memiliki rasa meskipun memiliki kandungan garam dan gula malah memiliki rasa yang cenderung pahit, namun ketika digunakan sebagai bumbu penyedap rasa, micin berguna untuk menyedapkan masakan. Tapi tahukah anda, jika micin memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman?

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Bokashi Skala Rumah Tangga & Skala Pertanian

Bagi anda yang penasaran tentang kegunaan micin untuk tanaman, berikut ini akan kami jelasnya bagaimana cara menyuburkan tanaman dengan micin dan manfaat micin pada tanaman serta beserta alasannya.

Kegunaan Micin untuk Menyuburkan Tanaman

Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya mengenai alasan mengapa micin dapat menyuburkan tanaman. Untuk itu kami akan sedikit menjelaskan alasannya. Tanaman dapat tumbuh dengan subur ketika terpenuhi kebutuhan berbagai macam unsur hara mulai dari unsur hara makro yang terdiri dari N,P,K mg, S , dan unsur hara mikro yang terdiri dari Ca, B, Fe,Zn, Cl, Cu, Molybdenum dll.

Unsur kalium (K) merupakan unsur hara makro yang berperan penting untuk pertumbuhan tanaman. Pada tumbuhan, Kalium bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan metabolisme tanaman dan fotosintesis.

Sedangkan menurut penelitian, Micin atau MSG memiliki unsur Natrium yang berfungsi sebagai alternatif Kalium pada tumbuhan. Micin memiliki kandungan utama Natrium benzoat yang fungsinya hampir sama dengan Kalium. Karena itulah, penggunaan Micin pada tanaman dapat membuat tanaman menjadi lebih subur.

Hampir semua jenis tanaman dapat memberikan respon ketika diberi micin, biasanya ditandai dengan daun tanaman yang menghijau dan terlihat lebih subur. Namun meskipun efektif untuk semua tanaman, perlu dicermati juga karena micin memiliki ukuran yang sedikit sehingga penggunaan micin direkomendasikan untuk digunakan pada jenis tanaman kecil seperti tanaman sayur, cabai, tomat, terong, tanaman hias atau tanaman di pekarangan rumah lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Yakult

Cara Menggunakan Micin untuk Menyuburkan Tanaman

Micin memiliki sifat yang mudah larut air, jadi untuk memupuk tanaman dengan micin akan sangat mudah yaitu dengan melarutkan micin dengan air lalu kocorkan pada tanaman.

Perbandingan takaran yang ideal untuk menyuburkan tanaman yaitu 1-2 gram micin dilarutkan pada 300cc air/1 gelas air, atau 5-6 micin untuk satu liter air bersih. Selanjutnya aduk hingga homogen dan kocorkan larutan micin pada tanaman dengan dosis 50-100cc pertanaman atau disesuaikan dengan ukuran dan usia tanaman.

Untuk waktu pemupukan paling baik dilakukan 7 hari sekali dan sebaiknya tidak dilakukan bersamaan dengan pemberikan pupuk kimia, hal ini dilakukan untuk melihat perbandingan tanaman.

Selain pemupukan dengan teknik pengocoran, pemupukan juga bisa dilakukan dengan teknik penyemprotan dengan takaran 1gram micin untuk 300cc air lalu semprotkan pada daun tanaman 5 hari sekali. Jika sudah nampak perubahan daun yang lebih hijau terang dan lebar, maka penggunaan pupuk micin bisa dihentikan dan dilanjutkan dengan pemberian pupuk kompos khusus pada tanaman hias.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Ikan

Manfaat Micin Pada Tumbuhan

Meningkatkan Kadar Air Tanaman

Micin atau MSG memiliki kandungan Natrium yang berguna untuk mencegah terjadinya resistensi air atau tanaman kekurangan air terutama ketika musim kemarau. Micin akan membantu mengoptimalkan kerja tanaman dalam proses penyerapa air di musim kemarau.

Meningkatnya kadar air pada tanaman akan membuat tanaman lebih bisa menyerap nutrisi secara maksimal sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur dan daun lebih hijau.

Mempercepat Pembungaan Tanaman

Penggunaan larutan micin pada tanaman dapat mempercepat proses munculnya bunga pada tanaman. Hal ini karena adanya kandungan Na pada Micin. Tanaman dengan pembungaan yang banyak diharapkan akan menghasilkan buah yang banyak.

Manfaat ini paling efektif diaplikasikan pada jenis tanaman sayur atau tanaman hias, seperti pada tanaman cabai dan lainnya.

Namun penggunaan micin tidak direkomendasikan untuk digunakan ketika tanaman sedang berbuah karena dapat menyebabkan buah menajdi kurang segar atau menjadi layu. Lebih baik gunakan ketika tanaman pada masa pertumbuhan.

Baca Juga : Manfaat Tetes Tebu untuk Hewan Ternak

Pupuk Yang Ramah Lingkungan

Micin memiliki senyawa C, H, O, N dan Na yang merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk perkembangan tanaman. Micin membantu menyuburkan tanaman dengan ditandai dengan daun tanaman menjadi lebih hijau, sehat dan lebat.

Sedangkan kandungan Nitrogen (N) bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tanaman seperti pada daun, cabang dan batang. Nitrogen juga membantu pembentukan protein dan lemak yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan.

Meskipun memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyuburkan tanaman bukan berarti tanaman hanya membutuhkan mincin untuk memupuk tanaman. Karena pada dasarnya tanaman membutuhkan unsur hara makro dan mikro, dan micin hanya menggantikan unsur Natrium yang menjadi salah satu unsur hara makro yaitu kalium. Sedangkan unsur lain seperti Nitrogen, Phospat, Ca, Mg, S yang tetap harus dipenuhi dengan menambahkan pupuk seperti menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos yang dapat memenuhi kebutuhan nutisi lain pada tumbuhan.

Demikian artikel pembahasan tentang Kegunaan Micin untuk Menyuburkan Tanaman Yang Tidak Banyak Diketahui, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.