Kegunaan Pupuk Mutiara untuk Tanaman Padi dan Dosis Pemberian Yang Tepat

Posted on

Pada proses pembudidayaan tanaman dibutuhkan pemberian pupuk yang menjadi salah satu nutrisi bagi tanaman dan menjadi komponen penting dalam bercocok tanam. Tak terkecuali pada tanaman padi yang membutuhkan pupuk dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti yang kita ketahui, padi merupakan tanaman yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Jadi tak heran jika di Indonesia banyak petani yang menanam padi dan tentunya membutuhkan pupuk sebagai nutrisi tanaman.

Proses budidaya tanaman padi bukanlah hal yang mudah, petani perlu memahami teknik dan cara bercocok tanam padi dengan baik agar mendapatkan hasil panen berkualitas padi terbaik. Salah satu teknik penting yang dibutuhkan yaitu pemilihan penggunaan pupuk yang tepat. Dari banyaknya jenis pupuk yang tersedia, salah satu jenis pupuk yang baik untuk tanaman padi adalah pupuk mutiara yang dapat menunjang pertumbuhan padi agar cepat besar dan berbiji.

Baca Juga : Cara Sukses Menanam Padi di Musim Kemarau

Selain pemberian pupuk, petani juga perlu memperhatikan penggunaan dosis dan pemberian yang tepat agar tanaman padi tidak layu bahkan mati. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak penjelasan tentang pupuk mutiara dan pemberian dosis yang tepat pada tanaman padi dibawah ini.

Pupuk Mutiara

Pupuk mutiara merupakan salah satu jenis pupuk majemuk dengan kandungan setidaknya 5 unsur makro dan mikro yang berperan penting bagi pertumbuhan tanaman. Yang termasuk pada unsur makro dan mikro adalah Nitrogen, karbon, hidrogen, oksigen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, belerang, besi, mangan, boron, mo, tembaga, seng, dan klor.

Pupuk mutiara atau lebih sering dikenal dengan pupuk NPK mutiara biasaya memiliki bentuk butiran granul berwarna biru dan warna akan sedikit pudar jika dikemas dalam plastik.

Kegunaan Pupuk Mutiara untuk Tanaman Padi

  • Pupuk Mutiara bermanfaat untuk mempercepat, memperkuat, memperbanyak dan memperpanjang akar tanaman padi, sehingga akar lebih mudah menyerap unsur hara dalam tanah.
  • Pupuk mutiara dapat mencegah kerdil pada tanaman padi.
  • Pupuk mutiara bermanfaat mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman padi.
  • Pupuk mutiara mampu memperkecil kemungkinan tanaman mengalami rontoh bunga dan buah sehingga dapat meningkatkan hasil panen.
  • Pupuk mutiara berfungsi meningkatkan proses fotosintesis tanaham sehingga mampu meningkatkan pembentukan zat gula, tepung dan protein.
  • Pupuk mutiara berfungsi untuk meningkatkan produksi biji tanaman padi.

Baca Juga : Hama Dan Penyakit Tanaman Padi 

Cara Pemberian Pupuk Mutiara pada Tanaman Padi

Pada dasarnya pemberian pupuk mutiara pada tanaman padi tidak berbeda jauh dengan pemberian pupuk pada umumnya, yaitu dengan cara di kocorkan atau ditaburkan. Pupuk mutiara dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pupuk mutiara padat dan pupuk mutiara cair. Berikut cara pemberian keduanya.

Penggunaan pupuk mutiara cair pada tanaman padi

Cara pemberian pupuk mutiara cair pada tanaman padi dilakukan dengan mencampurkan 2 liter pupuk kedalam 8 liter air. Lalu aduk hingga homogen dan selanjutnya siramkan secara tepat pada bagian akar tanaman. Dengan takaran dosis yang dianjurkan untuk tanaman padi sekitar 200ml pupuk cair.

Penggunaan pupuk mutiara padat pada tanaman padi

Sedangkan penggunaan pupuk mutiara padat pada tanaman padi dapat dilakukan dengan menaburkan pupuk secara langsung pada tanaman padi.

Dosis Pupuk Mutiara untuk Tanaman Padi

  • Dosis yang dianjurkan pada pemberian pupuk mutiara cair pada tanaman padi yaitu sekitar 200ml yang diberikan dua kali dalam seminggu
  • Sedangkan dosis yang dianjurkan pada pemberian pupuk mutiara padat pada tanaman padi yaitu dengan menaburkan limak kilo pupul pada satu sawah yang diberikan sekali dalam seminggu.

Baca Juga : Cara Budidaya Padi Organik Dengan Metode SRI

Perlu diketahui, jika pupuk mutiara tidak hanya dapat digunakan pada tanaman padi saja. Pada umumnya semua jenis pupuk cocok digunakan pada jenis tanaman apa saja karena fungsinya sebagai asupan nutrisi tanaman. Selain tanaman padi, pupuk mutiara dapat digunakan pada jenis tanaman seperti pada jenis tanaman padi ketan, sagu, jagung, gandum, kelapa sawit dan sebagainya.

Demikian artikel pembahasan tentang Kegunaan Pupuk Mutiara untuk Tanaman Padi dan Dosis Pemberian Yang Tepat  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa