Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian Untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman

Posted on

Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian – Untuk menghasilkan buah durian yang unggul dan berkualitas, dalam pembudidayaan tanaman durian kita perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam pemeliharaan tanaman durian dengan baik dan benar. Tahap pemeliharaan tanaman durian akan mempengaruhi pertumbuhan dan tingkat produksi tanaman. Salah satu bagian pemeliharan yang berfungsi untuk memperbaiki mutu tanaman adalah Pemangkasan Pada Tanaman Durian Untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman.

Tahapan pemeliharaan ini bersifat intensif dan berkelanjutan agar buah durian yang dihasilkan dapat mempunyai kualitas yang unggul. Jika tahap pemeliharaan dapat dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, bisa dipastikan buah durian yang hasilkan akan mempunyai kualitas unggul. Lalu apa saja manfaat pemangkasan pada tanaman durian? Simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas 

Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian

Pemangkasan tanaman durian menjadi salah satu tahapan pemeliharaan tanaman durian yang dilakukan dengan cara membuang cabang atau ranting pohon yang tidak bermanfaat dan mengganggu pertumbuhan cabang utama. Cabang dan tunas dibawah percabangan utama juga perlu dibuang, serta cabang-cabang yang terkena serangga OPT.

Teknik pemangkasan bisa dilakukan dengan menggunakan alat seperti gunting, pisau dan alat tajam lainnya. Ada berbagai manfaat dari pemangkasan tanaman durian terutama pada bagian ranting dan tunas-tunas kecil yang ada di tanaman. Berikut manfaat nya:

  • Pemangkasan untuk mengurangi batang atau cabang yang menggangu atau tidak penting.
  • Agar pertumbuhan dan produksi tanaman buah durian menjadi lebih optimal.
  • Pemangkasan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman durian.
  • Membantu tanaman durian membentuk tajuk baru yang lebih bagus.
  • Membantu mempercepat munculnya bunga. Karena sebagian besar bunga akan tumbuh dibagian ranting yang kita pangkas.
  • Mempermudah pemeliharaan tanaman durian.
  • Mempemudah tanaman durian dalam menyerap nutrisi.
  • Membuat tanaman lebih pendek
  • Membuat buah menjadi lebih lebat.

Baca Juga : Cara Menanam Durian Dari Biji

Pemangkasan juga bertujuan untuk merangsang munculnya tunas vegetatif pada ranting-ranting yang sebelumnya berbuah, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga dapat mendukung kontinuitas produksi.

Ranting / dahan yang perlu dipangkas adalah ranting-ranting kecil yang tidak berguna dan apabila batang sudah besar kemungkinan besar ranting tersebut akan mati, maka potonglah ranting-ranting tersebut sebelum mati dengan sendirinya, itu berlaku bagi semua ukuran pohon kecil ataupun besar.

Prosedur Pemangkasan

  • Lakukan pemangkasan atau peliharaan pada tanaman usia produktif pada cabang atau tunas air.
  • Pangkas cabang bersudut kecil, cabang dan ranting yang terserang hama dan penyakit lalu bakar cabang yang terkena hama.
  • Pangkas dahan dan rating yang rapat, bersilang atau tersembunyi.
  • Pangkas tajuk bagian atas mundur satu rias ujung ranting (terminal) bekas buah dipangkas, agar dapat mempertahankan ketinggian optimal tanaman (3 m).
  • Pangkas dahan dan ranting yang pertumbuhannya ke arah dalam tajuk atau yang ke arah bawah.

Baca Juga : Cara Budidaya Durian Musang King 

Semoga dengan melakukan teknik pemangkasan yang tepat, pohon durian yang anda tanam bisa menghasilkan buah durian yang bagus, unggul dan berkualitas.

Itulah beberapa tips Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.