Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Bit Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Bit Dalam Pot Bagi Pemula – Buah Bit adalah sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva. Buah bit memiliki warna merah keungguan dan biasanya buah bit digunakan campuran makanan, pewarna makanan alami serta juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Baca Juga : Manfaat Buah Bit

Tanaman buah bit berasal dari Swedia dan Britania, dan akan tumbuh baik pada daerah dataran tinggi dengan udara yang dingin. Di Indonesia kebun buah bit dapat di jumpai di daerah dataran tinggi Jawa Barat.

Cara Menanam Buah Bit Dalam Pot Bagi Pemula

Pembibitan Buah Bit

Karena Buah bit atau tanaman bit di Indonesia susah berbunga makbibit harus membelinya di luar negeri. Biji atau benih buah atau tanaman bit bisa di tanam langsung pada lahan tanam, bisa juga dengan cara stek atau penyambungan. Tapi sebaiknya bibit atau benih buah atau tanaman bit disemai pada tempat penyemaian.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Bit

Penanaman Buah Bit Dari Biji

Pertama, siapkan biji bit merah dan pot berdiameter minimal 20 cm dengan kedalaman 20 cm. Isi pot menggunakan media tanam yang kaya akan nutrisi, misalnya seperti campuran tanah dan pupuk kandang (1:1) atau kompos.

Apabila menggunakan kompos, padatkan kompos menggunakan tangan dengan lembut. Usahakan tingginya 4 cm di bawah bibir pot. Sebarkan biji bit merah di atas media tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam setinggi 2 cm.

Baca Juga : Budidaya Wortel

Lakukan penyiraman secara berkala agar media tetap lembap dan simpan di tempat yang terkena sinar matahari. Jika bit merah sudah tumbuh sekitar 2 cm, maka bisa memindahkannya pada pot baru untuk ditanam secara mandiri. Gunakan pot dengan diameter minimal 20 cm dam kedalaman 20 cm agar bit merah dapat berkembang dengan baik.

Masa Panen Buah Bit Dalam Pot

Pemanenan bit merah dapat dilakukan jika umbinya kira-kira sudah sebesar bola tenis, atau biasanya 90 hari setelah penyemaian. Pemanenan tersebut dapa dilakukan dengan menggunakan bantuan garpu.

Baca Juga : Budidaya Kentang

Demikian pembahasan tentang cara menanam bit merah di pot agar cepat berbuah bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa