Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Bungur Yang Kaya Manfaat Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Bungur Yang Kaya Manfaat Agar Cepat Berbunga – Bungur (Lagerstroemia) adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunga bungur berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu, tanaman bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Bunga Tabebuya

Ada dua jenis tanaman bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan yaitu bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8 m, dan bungur jepang (L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar dulu juga banyak ditanam di pekuburan. Kini selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai.

Tanaman bungur bisa diperbayak melalui biji. Biji akan dihasilkan saat tanaman selesai berbunga. Biji yang dihasilkan berukuran besar seukuran kelereng dengan warna cokelat. Selain diperbanyak melalui biji tanaman bungur juga dapat diperbanyak melalui pencangkokan. Tanaman bunga bungur ternyata memiliki manfaat lain di bidang pengobatan herbal.

Semua bagian tanaman bungur bisa digunakan sebagai obat, seperti penyakit eksim, diare dan kencing manis. Resep herbal bunga bungur juga telah digunakan dan dipercaya secara turun temurun dari jaman dahulu. Bagian biji tanaman bungur digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit eksim; rebusan kulit kayu bunga bungur dapat digunakam sebagai obat diare; serta daun tanaman bungur dipercaya bisa mengobati penyakit kencing manis.

Baca Juga : Cara Menanam Biji Red Maple

Cara Menanam Bunga Bungur Yang Bermanfaat

Pemilihan Bibit Bunga Bungur

Pilihlah bibit bunga bungur yang berkualitas, disarankan gunakan bibit yang berasal dari cangkok karena tanaman akan lebih cepat menghasilkan bunga dibandingkan dengan bibit dari biji.

  • Jika ingin ditanam di pekarangan rumah sebaiknya memilih bungur jepang yang memiliki ukuran batang lebih kecil. Sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.
  • Pilih bibit yang sehat dan tidak terjangkit penyakit.
  • Pastikan tanaman memiliki daun yang berwarna hijau cerah.
  • Pilih bibit cangkok yang berukuran besar dan kokoh.
  • Pastikan tidak ada bagian tanaman yang luka atau cacat.
  • Tinggi bibit minimal 30-35 cm dari atas permukaan polibag.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Maple di Indonesia

Persiapan Lahan Tanam Bunga Bungur

Pilih lokasi lahan yang luas dan lapang, seperti di belakang rumah atau didepan rumah yang berdekatan dengan jalan. Selanjutnya, buat lubang tanam dengan kedalaman 50x50x50 cm. Setelah itu, gemburkan tanah disekitar lubang tanam. Kemudian masukkan pupuk kandang sebanyak 5 kg ke dalam lubang tanam. Biarkan selama satu minggu, setelah itu barulah bisa dilakukan penanaman.

Penanaman Bunga Bungur di Pekarangan

Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terik. Sehari sebelum ditanam sebaiknya bibit tidak disiram. Selanjutnya, buka plastik polybag bibit secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akar bibit dan media tanamnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Rombusa

Kemudian, masukkan bibit ke lubang tanam dan tutup kembali lubang tanam dengan tanah sisa galian yang sudah digemburkan. Buang beberapa daun pada bibit untuk mengurangi penguapan lalu lakukan penyiraman dibagian akarnya.

Perawatan Tanaman Bungur

Berikan tambahan pupuk kandang atau pupuk anorganik lainnya seperti NPK pada tanaman. Berikan pupuk susulan secara rutin setiap 1 bulan sekali. Tanaman ini juga sangat tahan terhadap kekeringan bahkan tidak jarang tetap bisa menghasilkan bunga di musim kemarau.

Bunga Bungur Siap Berbunga

Bunga bungur akan mulai berbunga saat berumur 2-3 tahun setelah ditanam. Setelah menghasilkan bunga pertamanya, maka tanaman ini akan terus menghasilkan bunga yang indah sepanjang musim.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Lohansung

Demikian pembahasan tentang cara menanam bunga bungur yang kaya manfaat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.