Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Pot Bagi Pemula – Bunga matahari (Helianthus annuus ) adalah tumbuhan bunga semusim dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran. Bunga matahari berasal dari Meksiko.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Ada banyak jenis bunga matahari, salah satunya adalah bunga matahari velvet queen (sunflower velvet queen). Bunga matahari velvet queen memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik sehingga banyak menarik perhatian banyak orang. Selain memiliki bunga yang sangat cantik, akar bunga matahari ternyata mampu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan, dan saluran kencing. Kelopak bunganya juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, nyeri saat datang bulan, dan masih banyak lainnya.

Bagi kalian yang ingin menanam bunga matahari velvet queen tapi tidak memiliki lahan, maka dapat menanam bunga matahari velvet queen di pot.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Pot

Pemilihan Bibit Bunga Matahari Velvet Queen

Pilihlah bibit bunga berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dari para petani tanaman hias, biasanya mereka menjual bibit bunga matahari ini dalam bentuk bibit setinggi 15-20 cm.

Jika tidak ada, maka bisa mencoba menyemai biji bunga matahari sendiri. Caranya, pilihlah beberapa biji bunga yang sudah tua dengan ciri-ciri kelopak bunga sudah berwarna kecoklatan lalu jemur biji tersebut hingga kering.

Setelah kering, taburkan biji tersebut pada media semai yang terbuat dari tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin setiap hari hingga tumbuh tunas. Biasanya biji akan mulai tumbuh pada usia persemaian kurang lebih 10-14 hari. Saat tunas sudah setinggi 20 cm maka siap untuk dipindahkan ke media tanam sebenarnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Persiapan Alat dan Bahan Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk menanam bunga matahari velvet queen diantaranya yaitu:

  • Pot berukuran sedang atau besar.
  • Media tanam berupa tanah dan pasir.
  • Pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Sekop.

Penanaman Bunga Matahari Velvet Queen

Isikan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1 ke dalam pot. Selanjutnya, pindahkan bibit bunga matahari yang telah di semai kedalam media tanam dalam pot yang telah dipersiapkan, lalu tutup kembali dengan tanah tipis-tipis atau sebatas batang bibit tersebut.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Freesia

Karena bunga matahari membutuhkan pasokan air yang cukup banyak, lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, terutama saat musim kemarau. Letakkan pot bunga tersebut di tempat yang memiliki pasokan sinar matahari langsung selama kurang lebih 6-7 jam/hari untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan sinar matahari. Setelah berusia 2 bulan, biasanya bunga matahari velvet queen mulai tumbuh kuncup bunga, dan akan mulai mekar selang beberapa hari setelah kuncup tumbuh.

Demikian pembahasan tentang menanam bunga matahari velvet queen di pot bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.