Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga matahari (Helianthus annuus ) adalah tumbuhan bunga semusim dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran. Bunga matahari berasal dari Meksiko. Bunga matahari memiliki ukuran yang besar berwarna kuning terang dengan diameter bisa mencapai hingga 30 cm, memiliki batang yang banyak ditumbuhi rambut kasar, jarang bercabang, tegak serta tingginya berkisar antara 3-5 meter tergantung pada varietas bunga matahari tersebut. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yaitu heliotropisme atau bunga selalu condong mengarah ke matahari.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari

Klasifikasi ilmiah bunga matahari
Kingdom: Plantae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Subfamili: Helianthoideae
Bangsa: Heliantheae
Genus: Helianthus

Ada banyak jenis bunga matahari, salah satunya adalah bunga matahari velvet queen (sunflower velvet queen). Bunga matahari velvet queen memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik sehingga banyak menarik perhatian banyak orang. Selain memiliki bunga yang sangat cantik, akar bunga matahari ternyata mampu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan, dan saluran kencing. Kelopak bunganya juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, nyeri saat datang bulan, dan masih banyak lainnya.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Pemilihan Benih Bunga Matahari Velvet Queen

Pilih benih bunga matahari velvet queen yang berkualitas, karena hal tersebut akan sangat menentukan tanaman bunga yang akan tumbuh nantinya. Belilah benih bunga matahari velvet queen yang memiliki kualitas dan persentasi tumbuh tinggi.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari Velvet Queen

Siapkan media tanam untuk menanam bunga matahari. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Persiapan media tanam sebaiknya dilakukan sebelum pembibitan bunga matahari. Tujuannya agar nutrisi yang ada dalam kompos dapat terserap sempurna ke dalam tanah, sehingga media tanam lebih subur dan kaya akan unsur hara.

Penyemaian Benih Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah benih dan media tanam telah siap, selanjutnya lakukan proses penyemaian. Penyemaian ini dilakukan pada wadah berupa polybag atau bisa juga menggunakan tray semai. Media yang digunakan untuk proses penyemaian adalah campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Freesia

Lakukan penyiraman pada media semai dengan air secukupnya, kemudian tebarkan benih bunga matahari. Setelah itu, letakkan di tempat yang mendapat pasokan sinar matahari secara langsung, tapi tidak terkena air hujan secara langsung.

Untuk menjaga kelembaban media semai, lakukan penyiraman rutin setiap pagi atau sore hari. Kondisi media semai yang lembab bisa membantu bibit bunga matahari lebih cepat tumbuh. Biasanya setelah berusia 30 hari setelah masa semai, bibit bunga matahari siap untuk dipindahkan ke media semai sebenarnya.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah bibit siap tanam, pindahkan bibit bunga matahari tersebut ke media tanam sebenarnya, baik di pot, polybag, atau langsung di tanah. Pemindahan juga akan mempercepat proses pertumbuhan, karena bunga matahari akan tumbuh terpisah dari bibit-bibit lainnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Primrose

Pindahkan benih bunga matahari dari baki semai, usahakan hati-hati saat mencabutnya jangan sampai akarnya rusak atau tertinggal dalam baki semai. Apabila media semai dalam keadaan kering, lakukan penyiraman terlebih dahulu agar lebih lunak dan mempermudah proses pencabutan. Selanjunya tanam benih tersebut pada media tanam dengan kedalaman kira-kira 10 cm atau hingga akarnya terpendam semua dalam tanah.

Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah bibit dipindahkan kedalam media tanam, maka bibit bunga matahari akan melakukan proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Bunga matahari termasuk tanaman yang membutuhkan pasokan air yang cukup banyak, maka lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari terutama saat musim kemarau. Selain itu, pasokan sinar matahari yang cukup juga bisa mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan bunga matahari.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Aster

Lakukan pula pemberian pupuk tambahan untuk menjaga nutrisi dan unsur hara yang terkandung dalam media tanam. Pemberian pupuk tambahan dilakukan saat tanaman berusia 2 bulan, dan selanjutnya diberikan secara rutin. Apabila bunga matahari terserang hama atau penyakit yang cukup parah, segera berikan pestisida atau insektisida khusus untuk bunga matahari.

Demikian artikel pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga matahari velvet queen agar cepat berbunga bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa