Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Christia Obcordata “Tanaman Kupu-Kupu” Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat TanamanChristia Obcordata “Tanaman Kupu-Kupu” Bagi Pemula – Christia Obcordata atau Swallow Tail, Butterfly Plant merupakan tanaman yang indah dan unik. Tanaman ini dikenal dari dedaunan berbentuk segitiga dengan garis-garis hijau dan merah anggur yang mirip dengan urat bulu burung, seperti ekor walet. Tanaman bunga dikenal sebagai “Tanaman Kupu-kupu” karena bentuk daun keseluruhannya menyerupai sayap kupu-kupu. Tanaman Kupu-kupu ini bagus ditanam di pot biasa ataupun pot gantung.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Saka Asparagus Plumosus

Cara Menanam dan Merawat Christia Obcordata “Tanaman Kupu-Kupu” Bagi Pemula

Cara Menanam Christia Obcordata

Siapkan lahan tanam lalu gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau disekop. Selajutnya, tambahkan bahan organik seperti pupuk kandang, lumut gambut, atau kompos taman hingga tanah gembur dan mudah dikerjakan. Berikan tanaman tambahan pupuk starter bergranul atau pupuk serba guna yang seimbang (misalnya pupuk berlabel 12-12-12).

Pertama, buka tanaman jika ada dalam bungkusan. Tekan bagian luar wadah sambil dengan lembut memegang pangkal tanaman dan menariknya dengan hati-hati agar tidak merusak batang hingga tanaman dilepaskan. Jika tanaman berada di dalam pot, putar wadah dan terus mengetuk, melonggarkan tanah sampai tanaman keluar dari pot.

Gali lubang hingga dua kali lebih besar dari bola akar dan cukup dalam sehingga tanaman akan berada pada tingkat yang sama di tanah dengan permukaan tanah dalam wadah. Genggam tanaman di bagian atas bola akar, gunakan jari untuk menyapu akar sedikit.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Hias Daun Kadaka

Selanjutnya, masukkan bibit bunga Christia Obcordata ke dalam lubang tanam. Padatkan tanah di sekitar tanaman dengan tangan, sekop kecil, atau bisa juga dengan menekan tanah dengan kaki. Tanah yang menutupi lubang tanam harus rata dengan tanah di sekitarnya, atau hingga satu inci lebih tinggi dari bagian atas bola akar. Penanaman baru harus disiram setiap hari selama beberapa minggu untuk membuatnya mapan.

Penyiraman Tanaman Christia Obcordata

Penanaman baru harus disiram setiap hari selama beberapa minggu. Selanjutnya, penyiraman dapat dilakukan tergantung pada cuaca dan jenis tanah, penyiraman bisa disesuaikan setiap dua atau tiga hari.

Idealnya air hanya boleh diterapkan pada zona akar, area sekitar 6-12 “(15-30cm) dari pangkal tanaman, bukan seluruh tanaman. Untuk memeriksa kelembaban tanah, gunakan jari atau sekop kecil untuk menggali dan memeriksa tanah. Jika tanah 2-4″(5-10cm) pertama kering, sekarang saatnya untuk menyiram.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Tanduk Rusa

Pemupukan Tanaman Christia Obcordata

Terdapat berbagai bentuk pupuk diantaranya butiran, pelepasan lambat, umpan cair, organik atau sintetis. Tentukan metode aplikasi mana yang terbaik untuk situasi tersebut dan pilih produk dengan keseimbangan nutrisi yang dirancang untuk mendorong mekar (seperti 5-10-5). Terlalu banyak pupuk benar-benar dapat merusak tanaman sehingga penting untuk mengikuti petunjuk untuk menentukan berapa banyak, dan seberapa sering melakukan pemupukan pada tanaman.

Pemangkasan Tanaman Christia Obcordata

Lakukan pemangkasan tanaman dengan bebas untuk mempertahankan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Pemangkasan tanaman bertujuan untuk merangsang pertumbuhan baru yang lebat dan lebat serta mendorong lebih banyak bunga. Buang bagian yang sudah tua agar tanaman tampak sehat.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Suplir

Demikian pembahasan tentang cara menanam bunga christia obcordata bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa