Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Janda Merana Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Janda Merana Bagi Pemula – Tanaman janda merana (Vernonia Elliptica) adalah sejenis tanaman hias yang tumbuh menjuntai. Di pasaran populer dengan sebutan lee kwan yew. Belakangan ini, tanaman janda merana sering dicari seiring berkembangnya tren sky garden dan vertikal garden.

Baca Juga : Cara Menanam Lee Kwan Yew

Tanaman liar hias ini tumbuh ditepi jalan dan uniknya berbentuk memanjang dan menjuntai. Pertumbuhan tanaman ini cepat dan tidak rewel sebab, akarnya hanya bertumpu pada bagian pangkal saja. Tidak seperti jenis tumbuhan merambat lainnya, yang mana akarnya tumbuh menyebar di sepanjang ruas batang.

Cara Menanam Tanaman Janda Merana Bagi Pemula

Persiapan Alat dan Bahan Menanam Tanaman Janda Merana

Alat dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya yaitu:

  • Gunting atau pisau taman.
  • Beberapa bunga Janda Merana yang sudah tua.
  • Wadah.
  • Media tanam.
  • Pupuk.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Wisteria

Penanaman Bunga Janda Merana

Pertama, pilih lalu potong bunga atau batang tanaman janda merana yang sudah tua dan cukup kuat. Usahakan memotongnya secara menyerong. Kurangi beberapa helai daun pada batang tersebut, hal ini harus kamu lakukan agar dapat mengurangi penguapan. Jika memiliki cairan perangsang akar, maka rendamlah batang tersebut dalam waktu 5-10 menit di dalamnya.

Setelah itu, isilah wadah dengan media tanam yang dipilih. Buat lubang tanam pada media tersebut. Selanjutnya, tanam bunga tersebut, lalu tutup kembali lubang tanam.

Usahakan menanam bunga janda merana dengan memberi jarak antar pot. Sebab, nanti batangnya akan tumbuh secara indah seperti tirai.

Jangan lupa untuk menyiraminya secara teratur untuk menjaga kelembapan bunga janda merana, juga bisa menambahkan nutrisi tambahan berupa pupuk NPK daun secara berkala. Setelah penanaman selesai, letakkan tanaman tersebut pada lokasi yang teduh dan sedikit terlindungi dari cahaya matahari.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Flame of Irian

Perawatan Tanaman Janda Merana

Agar tanaman janda merana dapat menghiasi permukaan media tanam dengan caik dan rapat, sebaiknya sedekat mungkin ditempatkan pada bidang tumbuh seperti tembok atau pagar. Jika awalnya menanam bibit pada pot atau polybag, maka tanaman bisa dipindahkan mencapai tinggi kurang lebih 30 cm.

Jarak tanam yang terlalu rapat tidak baik karena bisa saling berebut nutrisi. Idealnya, bagi bunga lee kwan yew berjarak 20-30 cm, namun tanaman janda merana yang ditanam terlalu renggang bisa menampilkan pemandangan yang sulur-sulur menjuntai tak beraturan dan dapat menyebabkan penampakannya jadi tak cantik lagi.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik

Cara penanaman janda merana yang benar agar bunganya cantik bisa ditambahkan bidang rambat sederhana seperti, bilah bambu atau kayu yang berukuran tinggi 30-40 cm. Setiap harinya, jika kamu menemukan batang atau daun yang mengering, cepat potong agar tanaman janda merana mengeluarkan tunas baru yang lebih segar. Pemotongan daun atau batang yang tumbuh tidak beraturan sangat diperlukan untuk menjaga keindahan serta kerapian.

Demikian pembahasan tentang cara menanam tanaman janda merana bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.